Home Ekonomi Satelit Satria Siap Beroperasi Awal 2023

Satelit Satria Siap Beroperasi Awal 2023

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah menjadwalkan Satelit Republik Indonesia (SATRIA) akan selesai pengerjaannya pada kuartal kedua 2022. Hal tersebut dipastikan oleh Menko Perekonomian, Darmin Nasution di Jakarta, Jumat (3/5).

“Satelit yang menggunakan frekuensi Ka-band dengan teknologi very High Throughput Satellite dengan kapasitas frekuensi 150Gbps tersebut diharapkan dapat beroperasi di awal 2023,” ujar Menko Darmin.

Menurutnya, cakupan layanan satelit tersebut akan mencapai hampir 150 ribu titik layanan publik. Terdiri dari sarana pendidikan, fasilitas kesehatan, administrasi pertahanan dan keamanan, serta pemerintahan daerah di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Teleteaching Papua-Jakarta-Natuna, Menkominfo Pamer Tol Langit Palapa Ring

“Proyek SMF ini merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018. Saya yakin, membangun infrastruktur itu artinya menanam modal yang beberapa tahun mendatang akan mendukung penciptaan kegiatan ekonomi yang lebih baik di masyarakat kita,” jelasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah telah menandatangani Perjanjian Kerja sama, Perjanjian Penjaminan, dan Perjanjian Regres Proyek Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) pada Proyek Satelit Multifungsi (SMF) untuk memulai konstruksi satelit tersebut.

 

788