Home Ekonomi Jawa dan Sumatera Masih Dominasi Ekonomi Indonesia Triwulan I-2019

Jawa dan Sumatera Masih Dominasi Ekonomi Indonesia Triwulan I-2019

Jakarta, Gatra.com - Struktur ekonomi Indonesia secara spasial pada triwulan I-2019 didominasi oleh kelompok provinsi di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Sementara kontribusi terendah diberikan oleh kelompok provinsi di Pulau Maluku dan Papua.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto mengatakan akan membutuhkan waktu untuk membangun perekonomian di sekitar daerah pembangunan tol. Saat berbicara mengenai perekonomian per triwulan, maka terdapat 3 provinsi yang mengalami kondisi agak riskan.

"Pembangunan tol sampai saat ini masih terus berlanjut. Butuh waktu untuk membangun tingkat perekonomiannya, tidak secara otomatis. Kalau berbicara triwulan, ada 3 provinsi dengan kondisi agak riskan yaitu Papua, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Kalimantan Timur," ujar Suhariyanto di Jakarta, Senin (6/5).

Baca Juga: Ganjil Genap di Tol Trans Jawa Diusulkan Berlaku Saat Mudik

Mengenai penyebab dari kondisi riskan yang dialami 3 provinsi tersebut, dia menuturkan hal ini dikarenakan masih mengandalkan sektor pertambangan.

Untuk ke depannya, Suhariyanto menuturkan Indonesia tidak selalu mengandalkan sumber daya alam (SDA) yang dapat habis sewaktu-waktu. "Presiden RI, Joko Widodo berharap untuk perekonomian dapat mengandalkan energi baru terbarukan baik di sektor ekonomi kreatif maupun pariwisata," sebutnya.

 

1096