Home Info Luwu Utara Pemkab Pastikan Stok Sembako di Pasar Masamba Aman

Pemkab Pastikan Stok Sembako di Pasar Masamba Aman

550

Makassar, Gatra.com – Stok dan harga sembilan bahan pokok (Sembako) seringkali terganggu pada Ramadan hingga Idulfitri. Kebutuhan yang meningkat seringkali jadi pemicu. Pemerintah Kabupaten Luwu Utara ingin memastikan stok sembako dan harga tetap aman, terkendali hingga Idulfitri.

Guna memastikan, Pemkab Lutra melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (DP2KUKM) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) Sembako di Pasar Masamba, Selasa (7/5). 

Sidak dipimpin Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Tafsil Saleh, bersama Kepala DP2KUKM Lutra, Muslim Muhtar.

Sidak dilakukan dengan menurunkan tim terpadu. Yakni, tim dari DP2KUKM, Pemerintah Kecamatan Masamba, Forkopimcam, dalam hal ini Danramil dan Kapolsek. 

Selain itu, dilibatkan juga dari Dinas Tanaman Pangan, DKP, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Bulog, dan Satgas Pangan dari Polres Lutra.

Kepala DP2KUKM, Muslim Muhtar mengatakan, tim menemukan data kenaikan harga sembako di Pasar Masamba masih fluktuatif. Meski demikian, kenaikan harga tidak terlalu signifikan.

“Hanya harga daging ayam dan bawang putih yang naik. Lainnya masih aman sampai lebaran,” kata Muslim.

Paling signifikan kenaikannya, lanjut Muslim adalah daging ayam. Dari Rp22.500 per kg menjadi Rp26.000 per kg. Kemudian bawang merah dan bawang putih juga ada kenaikan. 

Kenaikan itu, kata Muslim, juga masih tergantung pada jumlah pasokan yang ada.

“Memang dari jumlah sembako, ada beberapa item tertentu yang mengalami kenaikan, tapi ada juga justru malah turun, seperti ikan. Di sini hukum ekonomi berlaku. Alhamdulillah, semuanya dalam kondisi aman terkendali sampai jelang lebaran,” katanya.

Usai sidak sembako di Pasar Masamba, Tim Sidak Sembako ini juga melakukan kunjungan di tiga distributor. Yakni Mantap, Usaha Dagang Al Hidayah, dan Indomarko. 

Kunjungan tersebut dalam rangka melihat ketersediaan stok yang ada di gudang masing-masing.

“Alhamdulillah, stok yang ada cukup memenuhi kebutahan masyarakat mulai Ramadan hingga Lebaran,” katanya.

Kalau ketersediaan stok nantinya habis, mereka langsung mengorder lagi dari pabrikannya masing-masing. Distributor menjamin, kesinambungan dari ketersediaan stok akan terjaga.

“Untuk harga juga tidak ada yang naik. Bahkan ada discount di bulan Ramadan ini,” jelasnya 

Baharuddin

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS