Home Politik PDIP Perkirakan Raih 133 Kursi di Parlemen

PDIP Perkirakan Raih 133 Kursi di Parlemen

Jakarta, Gatra.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) memprediksi partainya memeroleh 133 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Angka ini muncul berdasarkan pengamatan terhadap hasil perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Sekjen DPP) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan jumlah kursi PDI Perjuangan di parlemen nanti diperkirakan berjumlah 133 kursi, naik dari periode sebelumnya yaitu 109 kursi. Berikutnya Partai Golkar dengan 82 kursi di posisi kedua, disusul Partai Gerindra dengan 80 kursi.

"Ini potensi yang kami perkirakan berdasarkan perhitungan rekapitulasi di KPU, tapi biasanya tidak akan banyak perubahan usai perhitungan 100%. Malah kami prediksikan bertambah," kata di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Rabu (8/5).

Kata Hasto, proses rekapitulasi manual secara berjenjang memperlihatkan hasil baik bagi PDI Perjuangan berdampak pada pemerintahan ke depan. Ia memastikan pemerintahan pasangan calon 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin semakin stabil karena kuatnya dukungan dari parlemen. Sekadar informasi, paslon 01 memang unggul berdasarkan perhitungan real count KPU meski belum 100%.

Ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang masih mempercayai partainya mengisi parlemen, serta memercayai Jokowi untuk memimpin lagi di periode kedua.

"PDIP menang di 20 provinsi dan Jokowi menang di 22 Provinsi. Ini senafas dan sebangun dengan kemenangan yang diperoleh PDIP," jelasnya.

 

 

 

666