Home Ekonomi Ramadan, Gula Pasir Mahal, Stok Santan Instan Kosong

Ramadan, Gula Pasir Mahal, Stok Santan Instan Kosong

Jakarta, Gatra.com – Saat bulan Ramadan, kolak menjadi salah satu menu favorit untuk berbuka. Namun, rupanya beberapa bahan untuk membuat kolak tengah mengalami kenaikan harga. Mengikuti kebanyakan bahan-bahan makanan lain setiap Ramadan.

Bahan-bahan itu ialah gula pasir dan kolang-kaling. Saat ini, harga gula pasir di pasaran dapat mencapai Rp13.000/kg dari sebelumnya Rp11.500-12.000/kg. Lalu harga gula pasir memang tidak mengalami kenaikan secara drastis, namun harga kebutuhan pokok itu perlahan-lahan meningkat sejak awal puasa.

“Gula pasir naik harganya. Tadinya cuma Rp12.000/kg, sekarang jadi Rp13.000. Tidak banyak memang naiknya, tapi itu terus naik.” Kata Rosi, seorang pedagang sembako di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta kepada Gatra, Sabtu (11/5).

Sementara itu, harga kolang-kaling yang sebelumnya hanya berkisar Rp12.000/kg, kini harganya mencapai Rp15.000/kg. Kenaikan harga kolang-kaling itu dilatar belakangi oleh semakin meningkatnya permintaan akan kolang-kaling, namun barang yang dimiliki oleh petani tidak banyak.

Tidak hanya gula pasir dan kolang-kaling, santan, sebagai bahan dasar kolak pun mengalami kelangkaan. Jumlah permintaan semakin banyak, sementara jumlah produksi santan instan tidak banyak. Hal ini membuat stok santan di Pasar Induk Kramat Jati sering kosong.

326