Home Info Luwu Utara Desa Rinding Allo Luwu Utara Menggeliat jadi Desa Wisata

Desa Rinding Allo Luwu Utara Menggeliat jadi Desa Wisata

1566

Makassar, Gatra.com – Kabupaten Luwu Utara memiliki banyak daerah terpencil. Namun di balik itu juga tersimpan banyak potensi wisata alam yang begitu indah.

Salah satunya adalah Desa Rinding Allo, Kecamatan Rongkong. Di desa ini, pemandangan alam begitu indah. Bentangan pegunungan dan hijaunya hutan menjadi pemandangan yang tersaji bagi setiap yang datang. Maka tidak salah jika desa ini kian menata diri jadi lokasi wisata di Luwu Utara.

Rinding Allo adalah desa di Luwu Utara yang berselimut kabut. Selain itu, ada juga Buntu Tabuan yang tidak kalah dari Buntu Kabobong yang ada di kabupaten Enrekang, yang selama ini banyak dikunjungi wisatawan.

Plt Kepala Desa Rinding Allo, Pasalongan, mengatakan, sektor pariwisata di Kecamatan Rongkong sudah semakin menggeliat. Ini dibuktikan dengan adanya beberapa tempat wisata di desa tersebut yang dikelola secara mandiri oleh generasi muda setempat.

“Ke depan, harapan kami bahwa desa ini nantinya bisa dijadikan sebagai Desa Wisata di Kabupaten Luwu Utara,” kata Pasalongan.

Sekcam Rongkong ini juga melaporkan, warga Desa Rinding Allo sudah memiliki jamban keluarga di rumahnya masing-masing. Ini ini dilaporkan di hadapan Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani bersama rombongan yang datang berkunjung. Bupati Indah hadir dalam rangka Safari Ramadan yang dirangkaikan dengan program ‘Semalam di Desa’.

Program Semalam di Desa merupakan salah satu inovasi Bupati Indah sejak memimpin Lutra. Program ini dikemas dalam bentuk dialog dengan masyarakat terkait setiap persoalan yang dihadapi, sekaligus mencarikan solusi.

Semalam di desa ini juga dikenal dengan program, “Mata Pintar Menjawab.” Masyarakat Bertanya Pemerintah Menjawab.

Bupati Indah menjelaskan, program inovasi “Mata Pintar Menjawab” ini sudah mendapat penghargaan dari Kemenpan-RB karena memberikan manfaat yang luar biasa kepada masyarakat di desa. 
“Apa yang kita lakukan hari ini adalah untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakatnya. Bukan hanya di tingkat kecamatan dan desa, tetapi juga di tingkat dusun,” jelas Indah

Bupati menambahkan, kendati harus datang jauh-jauh ke pelosok Luwu Utara, dirinya sangat senang apalagi jika bisa bertemu dan berbaur dengan warganya. Berinteraksi, memberikan solusi atas setiap persoalan yang dihadapi masyarakat.

Pada kesempatan itu, Indah juga menyerahkan dana pembangunan untuk Masjid At-Taqwa Dusun Salurante, Desa Rinding Allo. Pemerintah juga membagikan Alquran untuk para Kepala Desa se-Kecamatan Rongkong. Termasuk membagikan bantuan berupa bibit sayuran. 

Baharuddin

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS