Home Ekonomi Bappenas: Secara Fungsional Ibu Kota Baru Akan Beroperasi 2024

Bappenas: Secara Fungsional Ibu Kota Baru Akan Beroperasi 2024

Jakarta, Gatra.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro menjelaskan, tahun ini pemerintah menargetkan akan mengumumkan calon ibu kota baru.

“Tadi sudah rapat dengan dua kementerian. Kita membahas kota yang tepat untuk dijadikan ibu kota baru, keputusannya akan kita umumkan tahun ini,” ujarnya di Jakarta, Rabu (15/5).

Tidak hanya itu, lanjut Bambang, pemerintah akan meminimalkan porsi penggunaan APBN dalam pembangunan ibu kota baru. Adapun pada 2024 ditargetkan Ibu Kota baru sudah dapat difungsikan secara fungsional.

“Penggunaan APBN diupayakan seminimal mungkin. Kita juga berkomunikasi dengan berbagai pihak seperti BUMN dan pihak swasta agar pekerjaan ini cepat terlaksana,” katanya.

Seperti diketahui, rencana pemindahan ibu kota baru ini memang terus digodok pemerintah. Setelah pekan lalu mengundang empat gubernur provinsi yang wilayahnya menjadi alternatif ibu kota baru, Pemerintah terus mengumpulkan masukan dan melaporkan perkembangan penyiapan kajian ibu kota baru kepada publik.

 

274