Home Info Luwu Utara Target SAKIP Lebih Baik, Bupati Lutra Temui Deputi Reformasi Birokrasi Kemenpan RB

Target SAKIP Lebih Baik, Bupati Lutra Temui Deputi Reformasi Birokrasi Kemenpan RB

467

Jakarta, Gatra.com - Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani sangat komitmen dan serius dalam menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih di wilayahnya. Karena itu, semua tolak ukur dan indicator penyelenggaraan pemerintahan bersih pun diupayakan untuk dipenuhi.

Salah satunya adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Implementasi SAKIP, maka setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku. Produk akhir dari SAKIP adalah LAKIP, yang menggambarkan kinerja yang dicapai suatu instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai negara, baik melalui APBN maupun APBD.

Bupati tidak ingin main-main dengan SAKIP.

Ia pun berharap, SAKIP ini makin baik dari tahun ke tahun. Bupati Indah menemui Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Kemenpan RB, Muhammad Yusuf Ateh. Pertemuan digelar di Kantor Kemenpan RB di Jakarta, Kamis (16/5).

“Kunjungan ini bagian dari Pembimbingan Penguatan SAKIP Tahap III (terakhir) terhadap seluruh Perangkat Daerah dan Kecamatan di Kantor KemenPAN-RB,” ujar Kasubag Protokol Bagian Humas dan Protokol Setda Lutra, Abdul Hamid, yang mendampingi Bupati.

Kunjungan Bupati Indah, lanjut Abdul Hamid, selain untuk bersilaturahmi, juga bagian dari apresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara terhadap KemenPAN-RB yang telah melakukan pembimbingan tiga tahapan SAKIP di Lutra.

“Kunjungan ini juga sekaligus ucapan terima kasih atas respon KemenPAN-RB terhadap Pembimbingan tiga tahapan yang di mulai sejak Mei 2018, dengan harapan agar predikat SAKIP Lutra bisa menjadi lebih baik lagi,” kata pria yang akrab disapa Igo ini.

Turut serta mendampingi Bupati, Penjabat Sekretaris Daerah Tafsil Saleh, Inspektur Muhammad Asir Suhaeb, Kepala BAPPEDA Rusydi Rasyid, Sekretaris BAPPEDA Agunawan serta Kabag Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Muhammad Hadi.

Baharuddin

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS