Home Politik Al Chaidar: Endang Anggota JAD-KN, Terkoneksi Ke Suriah

Al Chaidar: Endang Anggota JAD-KN, Terkoneksi Ke Suriah

Jakarta, Gatra.com - Terduga teroris Endang yang dilumpuhkan Densus 88 Antiteror di Cibinong, Bogor, pada Jumat (17/5) malam, diyakini bukan jaringan Jamaah Ansarud Daulah (JAD) pimpinan Aman Abdurrahman. Endang merupakan bagian dari jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT). 

Hal itu disampaikan pengamat terorisme Al Chaiddar Abdul Rahman Puteh saat dihubungi Gatra.com, Minggu (18/5). MIT dipimpin oleh Abu Hamzah, sedangkan Endang diperkirakan sebagai pengganti Bahrun Naim yang telah tewas di Suriah. 

“Jaringan MIT ada di Bima, Makassar, Medan dan Jambi. Abu Hamzah itu berkolabrasi ke berbagai jaringan. Ia adalah pengganti Bahrun Naim yang mengelola lone-wolf (teroris perseorangan),” kata Al Chaidar. 

MIT, sambung Al Chaidar, masuk dalam kelompok JAD-Khilafah Nusantara (JAD-KN) yang terbentuk tahun 2016. Kelompok ini berafiliasi langsung dengan kelompok teroris ISIS. 

Dalam keterangan pers kepada wartawan pada Sabtu siang (18/05), Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Polisi Dedi Prasetyo mengatakan bahwa Endang termasuk ke dalam kelompok teroris yang dinamakan Firqoh Abu Hamzah yang dipimpin Abu Hamzah.

“Endang alias Abu Rafi merupakan jaringan ISIS. Pimpinan mereka, Abu Hamzah, masih berada di Suriah,” kata Dedi.

537