Home Info Luwu Utara Bupati: Pemerintah Akui Status Hutan Ada di Seko

Bupati: Pemerintah Akui Status Hutan Ada di Seko

656

Makassar, Gatra.com – Kabar gembira bagi warga Seko, Luwu Utara. Hutan adat yang ada di daerah terpencil Luwu Utara ini sudah mendapat pengakuan dari pemerintah. Dalam waktu dekat, Pemkab Luwu Utara akan menerima peta indikatif hutan adat tersebut.

Kabar baik itu disampaikan Bupati Luwu Utara, Hj Indah Putri Indriani pada acara Semalam di Desa, Rabu (22/5). Acara semalam di desa yang dirangkaikan dengan Program “Masyarakat Bertanya, Pemerintah Menjawab” (Mata Pintar Menjawab).

Sebelumnya, dalam rangkaian kegiatan ini juga dilakukan Safari Ramadan.

“Alhamdulillah, ada kabar gembira buat kita semua. Karena sudah ada pengakuan dari pemerintah untuk hutan adat kita di Seko,” ungkap Indah saat berdialog dengan warga Desa Padang Raya, Kecamatan Seko.

Pengakuan hutan adat ini diharapkan memberi dampak ekonomi bagi masyarakat Seko. Sebab, untuk kawasan hutan yang menjadi paru-paru dunia, akan mendapat kompensasi anggaran dari pemerintah.

Pada kesempatan itu, Indah juga menjelaskan, kegiatan Semalam di Desa di Kecamatan Seko sudah yang kelima kalinya. 

“Ini kunjungan kita yang kelima kalinya di Seko. Dengan semakin seringnya kita bersilaturrahim, akan semakin dipanjangkan umur kita, dan semakin banyak pula rezeki yang kita dapatkan,” kata Indah.

Istri Muhammad Fauzi ini kemudian lebih banyak memperkenalkan Kepala Kantor Kementerian Agama Luwu Utara yang baru, Nurul Haq, di hadapan warga Seko. 
Ia berharap, kehadiran Kepala Kemenag membawa berkah bagi warga Seko.

“Malam ini dialog kita mungkin sedikit tematik karena juga dihadiri Kakan Kemenag yang baru,” kata mantan Wakil Bupati Luwu Utara ini.

Untuk itu, lanjut Indah, menjadi tugas sepenuhnya Kakan Kemenag untuk memberikan pencerahan kepada warga setempat. Terutama, terkait pesoalan rumah ibadah yang belum bersertifikat serta masalah pernikahan di wilayah terpencil.

Turut hadir dalam kegiatan ini, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Luwu Utara Abdul Mahfud, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Andi Sarappi, Kepala Dinas Sosial Besse Andi Pabeangi, Kepala DP2KUKM Muslim Muchtar, dan Direktur RSUD Andi Djemma Masamba, Hariadi. 

Selain itu, juga tampak Kepala Dinas Kominfo Arif R. Palallo, Camat Seko Akbal Ali serta jajaran pemerintah lainnya dan masyarakat Desa Padang Raya. 

Baharuddin

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS