Home Ekonomi Harga Cabai Merah Keriting Meroket Hingga Rp125.000 Jelang H-1 Lebaran

Harga Cabai Merah Keriting Meroket Hingga Rp125.000 Jelang H-1 Lebaran

Jakarta, Gatra.com - Harga cabai merah keriting melonjak hingga Rp125.000 per kilogram (kg) di Jakarta. Kenaikan harga tersebut dimulai dari kemarin malam, Senin (5/6), yang mencapai Rp80.000-Rp90.000 per kg.

Penjual cabai di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Budi Suryanto, mengatakan, kenaikan dipicu karena persediaan komoditas cabai merah keriting sudah mulai menurun. 

“Pemetiknya sudah mulai mengurangi. Jadi, [cabai merah keriting] masuk ke Jakarta [jumlahnya] sedikit dari daerah. Biasanya jumlahnya sudah berkurang 60%, apalagi hari ini hampir 80% berkurang.” kata Budi di Jakarta, Selasa (4/6).

Penjual cabai lainnya, Supriyadi, mengatakan, awal bulan puasa, harga cabai merah keriting mencapai Rp20.000 per kg, pertengahan bulan puasa mencapai Rp40.000. “Ini makin mendekati lebaran, petikan [cabai merah keriting] kurang, barang habis," imbunya.

Selain, penurunan jumlah komoditas, dia mengklaim kenaikan dipicu oleh permainan pasar. “Kalau barang kurang, konsumen tetap minat, beli. Gimana caranya ada untung lebih, barang enggak ada, kita naikin [harga],” ujar Supriyadi.

Harga diperkirakan menurun secara perlahan selama satu minggu setelah lebaran, dan kembali normal pada dua minggu setelah lebaran dibarengi dengan kembali normalnya pasokan dari daerah ke Jakarta.

565