Home Kesehatan Lebaran Usai, Menkes Imbau Masyarakat Tetap Jaga Pola Makan

Lebaran Usai, Menkes Imbau Masyarakat Tetap Jaga Pola Makan

Jakarta, Gatra.com - Lebaran identik dengan naiknya berat badan karena mengonsumsi makanan berkolesterol. Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengimbau agar masyarakat tetap menjaga pola makan dan hidup sehat usai Lebaran.

"Harus tetap sehat ya, Lebaran ini bukan berarti menjadi lebih lebar. Artinya, gizinya juga harus seimbang," katanya saat halal bihalal di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Senin (10/6).

Nila menerangkan pola makan tetap diatur sama seperti saat bulan puasa. Hal ini untuk menghindari timbulnya beragam penyakit akibat pola makan yang terlalu berlebihan saat Lebaran.

"Makan-makan di Lebaran boleh saja, asal seimbang. Tetap ingat dengan isi piringku yang terdiri dari setengah sayur dan buah, seperempat lauk berprotein, serta seperempat nasi atau gandum," terang Nila.

Kata Nila, perlu adanya pengurangan karbohidrat yang selama Lebaran terus menerus disantap. "Lebaran kan banyak karbohidrat yang masuk dari kue-kue, sekarang diperbanyak makan buah dan sayuran. Menjaga pola hidup pasca lebaran juga diperlukan dengan aktivitas fisik dan pemeriksaan kesehatan," imbuhnya.

174