Home Internasional Kanada Larang Plastik Sekali Pakai Mulai Tahun 2021

Kanada Larang Plastik Sekali Pakai Mulai Tahun 2021

Vancouver, Gatra.com – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyatakan akan melarang penggunaan plastik sekali pakai mulai 2021. Menurutnya ini merupakan tantangan global untuk menghapus secara bertahap kantong plastik, sedotan dan peralatan makan yang menyumbat lautan dunia.

"Saya sangat senang mengumumkan bahwa pada awal 2021, Kanada akan melarang plastik sekali pakai yang berbahaya dari pantai ke pantai," kata Trudeau dikutip dari AFP, Selasa (11/6).

Kurang dari 10% plastik yang digunakan di Kanada saat ini didaur ulang. Setiap tahun, satu juta burung dan lebih dari 100.000 mamalia laut di seluruh dunia terluka dan terbunuh akibat menelan plastik.

Barang sekali pakai mewakili sekitar 70% dari sampah plastik yang mengotori lingkungan laut. Sedotan, kantong plastik, peralatan makan, dan piring termasuk barang yang dilarang. Daftar ini akan disempurnakan berdasarkan penelitian ilmiah lebih lanjut antara sekarang dan 2021.

"Bagaimana kamu menjelaskan paus mati yang berenang di pantai. Perut mereka penuh dengan kantong plastik?," ujar Trudeau.

Kelompok lingkungan hidup, Greenpeace menyebut pengumuman pemerintah sebagai langkah pertama bagi Kanada. Terutama guna menghapus plastik yang tidak penting secara bertahap.

Meski Pemimpin Konservatif Kanada, Andrew Scheer menolak tindakan pemerintah karena menurutnya tanpa rencana dan mempengaruhi usaha kecil. Jika dia memenangkan pemilihan, Scheer berjanji untuk mengembalikan perlindungan lingkungan, termasuk pajak karbon federal dan larangan lalu lintas kapal tanker di sepanjang bagian dari Pantai Pasifik.

160