Home Politik Tiba Di Mahan Agung, Arinal Berjanji Perbaiki Birokrat Pemprov Lampung

Tiba Di Mahan Agung, Arinal Berjanji Perbaiki Birokrat Pemprov Lampung

Bandarlampung, Gatra.com - Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung periode 2019 - 2024 Arinal Djunaidi - Chusnunia untuk pertama kalinya memijakkan kaki di rumah dinas Gubernur Lampung Mahan Agung, Kamis, (13/06).

Kedatangan Arinal - Nunik di Mahan Agung disambut upacara dan kirab adat Lampung oleh marga Bukuk Jadi Natar dan marga Balak Teluk Betung.

Dalam kesempatan pidato sambutan pertamanya sebagai Gubernur Lampung, Arinal mengapresiasi kepada para tokoh-tokoh adat Lampung atas sambutan adat yang diberikan kepadanya.

"Demi kemajuan kita bersama, saya akan mulai membangkitkan tokoh -tokoh adat di Lampung, tokoh adat dan pemerintah Lampung harus dapat bersatu " ujarnya.

Arinal juga mengatakan, bahwa di Jakarta dirinya telah menyampaikan beberapa pokok pikiran pembangunan Lampung kepada presiden Joko Widodo, menurutnya agar Lampung menjadi perhatian khusus oleh pusat.

"Lampung merupakan tempat strategis, awal gerbang Sumatera, berhadapan langsung dengan Jakarta, Lampung berpotensi ekonomi tinggi, dan saya akan mengupayakan Lampung menjadi pilihan ibukota negara tidak hanya Kalimantan,” tekadnya disambut tepuk tangan undangan yang menyambutnya.

Menyikapi banyaknya kepala daerah di Lampung yang tersandung masalah KPK, Arinal bertekad akan menjadi tauladan agar memperkecil celah korupsi di Lampung

"KPK mengatakan Lampung masih menjadi perhatian, aparatur di daerah masih berani 'main-main' , dihadapan KPK saya katakan hari ini saya baru menjabat, tapi saya harus menjadi tauladan agar di kemudian hari korupsi menjadi sangat kecil di Lampung," katanya.

Arinal menilai penanganan birokrat di pemerintahan Lampung sebelumnya banyak yang keliru, jika tidak ditangani akan akan membuat sistem rusak. "Bobot aparatur daerah lebih besar dari pada kemampuan keuangan daerah ini harus diperbaiki, kami juga akan memberi kesempatan terbuka untuk setiap jabatan bagi yang mampu " janjinya.

Termasuk peraturan DBH (Dana Bagi Hasil) , Arinal menyampaikan bahwa DBH akan segera diberikan kepada yang berhak.

"Ini Bupati Walikota harap diketahui, tidak akan ada lagi DBH bermalam di rekening kami atau kas daerah, langsung diberikan sehingga ke depan pemerintah provinsi tidak punya beban hutang," kata Arinal.

Dalam kesempatan tanya jawab bersama wartawan, Arinal juga berjanji akan segera mengeksekusi surat keputusan Menteri Dalam Negeri yang menganulir pengangkatan dan pemberhentian ratusan pejabat eselon IV dan III di akhir masa jabatan gubernur Ridho Ficardo

"Kami adalah Pemerintah pusat yang ada di daerah, jadi keputusan menteri akan segera dieksekusi, tapi jangan sampai salah itu akan dilihat dulu " katanya kepada wartawan.

Berbicara pembangunan, Arinal berpendapat Lampung tidak bisa dibangun hanya mengandalkan APBD, menurutnya kontribusi Lampung sama rata dengan yang lain, oleh karena itu Arinal akan berjuang agar Lampung dapat dibangun oleh APBN.

"Kemarin Lampung defisit anggaran sampai 1,7 trilyun ini akan kami audit dan evaluasi, untuk pos pos tertentu pembangunan Lampung mungkin bisa mengandalkan APBD, tapi kami akan upayakan untuk APBN " ujarnya.

Dihadapan ratusan undangan yang dihadiri oleh pejabat aparatur, dan kepala daerah di Lampung, Arinal meyakini masyarakat akan perbaikan ekonomi

"Yakinlah ekonomi kerakyatan kita akan kita bangkitkan, Insya Allah semangat baru semangat berjuang, kita bersama sama ingin seperti Soekarno, sehingga jasa kita atas pembangunan dapat dikenang " tutupnya.

Reporter: Karvarino

Editor: Bernadetta Febriana

942