Home Info Kemenhan Hasil Laporan Keuangan BPK, Kemhan dan TNI Raih Opini WTP

Hasil Laporan Keuangan BPK, Kemhan dan TNI Raih Opini WTP

436

Jakarta, Gatra.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan tahun 2018 milik Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Ini merupakan hari bersejarah. Akhirnya Kemhan dan TNI meraih opini WTP,” kata Anggota I BPK Agung Firman Sampurna usai menyerahkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) laporan keuangan Kemhan di Kantor Kemhan, Jakarta, Senin (17/6).

Penyerahan LHP atas laporan keuangan itu diterima langsung Menhan, Ryamizard Ryacudu. Laporan serupa juga diserahkan Agung kepada Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto.

Agung menjelaskan opini WTP merupakan bukti keterbukaan keuangan Kemhan maupun TNI. “Ini bukti bahwa ada komitmen kuat dari Kemhan dan TNI untuk meraih opini yang terbaik,” katanya.

Menurutnya, capaian yang diraih Kemhan dan TNI merupakan satu pencapaian yang monumental. Sebab, dalam 20 tahun terakhir pascareformasi, baru kali ini keduanya memeroleh opini WTP.

Menteri Ryamizard mengapresiasi BPK karena tulus dan ikhlas mengerjakan penilaian dan evaluasi terhadap program kerja kementeriannya, yang beberapa tahun sebelumnya belum mendapatkan opini WTP.

Ryamizad juga menegaskan akan segera menindaklanjuti rekomendasi dalam LHP. Ia berharap prestasi membanggakan ini dapat terus dijaga dan dipertahankan. “Ini merupakan penghargaan tertinggi atas peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan yang telah dilakukan Kemhan dan TNI,” katanya.

Tak lupa, ia juga memuji Panglima TNI dan 3 kepala staf angkatan yang telah membangun komunikasi dan kerja sama yang baik dalam memperjuangkan status opini penilaian BPK menjadi WTP. “Karena untuk mencapai opini WTP ini, suatu tantangan sendiri yang relatif tidak mudah,” ujar Menhan.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS