Home Ekonomi DPR Pertanyakan KKP Tak Tambah Anggaran Tahun 2020

DPR Pertanyakan KKP Tak Tambah Anggaran Tahun 2020

Jakarta, Gatra.com – Anggota Komisi VI DPR mempertanyakan tidak adanya usulan penambahan anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk tahun anggaran 2020 mendatang. Pertanyaan itu, diajukan dalam Rapat Kerja Komisi IV DPR dengan Menteri KKP, Susi Pudjiastuti, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (18/6).

“Harapan kami, KKP dapat menambah anggaran sebesar Rp10 triliun, karena kami menilai bahwa KKP ini adalah sektor yang sangat strategis di kementerian kita. Tapi, yang membuat kami bertanya-tanya adalah mengapa Ibu Menteri tidak mengusulkan penambahan anggran,” kata salah seorang anggota Komisi IV DPR RI, Andi Akmal Pasludin.

Menurut dia, anggaran yang didapatkan oleh KKP saat ini, jauh dari kata cukup. Apa lagi jika menilai besaran biaya untuk melakukan pengawasan serta bantuan budi daya perikanan di Indonesia.

Karenanya, Andi sebagai anggota Komisi IV mengusulkan, agar KKP menambahkan anggaran dana mereka untuk tahun 2020 nanti. Usulan serupa disampaikan pula oleh anggota Komisi IV lainnya, yaitu Hermanto.

Hermanto menjelaskan, bahwa anggaran diajukan tidak hanya melihat dari kebutuhan dasar, seperti kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya manajerial dan operasional saja. Namun juga harus mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan lainnya, yang kemudian dimasukkan dalam tidak terduga.

“Mungkin kalau anggaran yang sifatnya manajerial, perubahan nilai dari tahun ke tahun tidak banyak. Tapi, biasanya kalau untuk anggaran yang sifatnya operasional, seperti agenda-agenda kerja inilah, yang biasanya perubahannya cukup signifikan,” ungkap dia.

Pada rapat itu, anggota Komisi IV tidak hanya mengusulkan kepada Menteri KKP untuk menambah anggran belanja mereka, tapi juga kepada pemerintah. Agar dapat menambah anggaran kepada kementerian tersebut.

795

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR