Home Ekonomi Nilai Tukar Rupiah Positif, Analis Sebut Pemilu dan Makroekonomi Sumbang Pengaruh

Nilai Tukar Rupiah Positif, Analis Sebut Pemilu dan Makroekonomi Sumbang Pengaruh

Jakarta, Gatra.com - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih terlihat menguat di pasar spot. Berdasarkan pantauan GATRA.com nilai tukar rupiah per hari ini terpantau bertahan di level Rp. 14.300 per dolar AS.

Pada Rabu (19/6/) pukul 13:00 WIB, 1 USD dibanderol Rp. 14.270. Rupiah tercatat menguat 0,35% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Analis Teknikal dari Binaartha Sekuritas, Nafan Aji mengatakan bahwa stabilitas fundamental makroekonomi domestik yang inklusif dan berkesinambungan menjadi sentimen positif pasar dalam negeri .

"Damainya pemilu serta stabilitas makroekonomi domestik menjadi sentimen positif dalam negeri," ungkap Nafan ketika dihubungi GATRA.com.

Sedangkan sentimen global menurut Nafan dipengaruhi antusiasme pelaku pasar terkait negosiasi dagang AS-Cina yang terlihat menemui titik terang.

"Adapun para pelaku pasar antusias dalam menantikan dialog mengenai negosiasi dagang antara Presiden Trump dengan Presiden Xi Jinping pada KTT G-20 di Osaka. Di sisi lain, berakhirnya rezim suku bunga tinggi global juga berpengaruh positif bagi penguatan indeks," ujarnya.

Hal lain yang tak kalah penting yakni pelaku pasar menunggu pengumuman The Fed maupun BI dalam rangka menetapkan suku bunga acuan. Nafan meyakini bahwa pasar hari ini di luar faktor tak terduga akan terpantau positif. "Akan masih tetap bagus sampai penutupan," pungkasnya.

281