Home Ekonomi Kota Magelang Serius Jaring Potensi Wisata Borobudur

Kota Magelang Serius Jaring Potensi Wisata Borobudur

Magelang, Gatra.com – Kota Magelang menyiapkan diri menjadi kota satelit destinasi wisata Candi Borobudur. Masyarakat harus siap menangkap peluang ekonomi dari potensi wisata tersebut.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, mengatakan bahwa pembangunan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo, jalan tol Yogyakarta-Solo dan Bawen-Yogyakarta akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang.

Menurut Sigit, pembangunan infrastruktur di Yogyakarta dan Solo sejalan dengan program “Ayo ke Magelang” tahap 2 dengan slogan Kota Magelang Modern, Cerdas, Sejahtera, dan Religius (Kota Magelang Moncer Serius) tahun 2020.

“Kita harus menangkap peluang itu, jadi tuan rumah yang baik. Candi Borobudur yang megah itu tidak sebanding dengan Angkor Wat di Thailand. Di sana kecil, tapi blow up (wisata) yang besar,” kata Sigit di sela kegiatan Tim Penggerak PKK Kota Magelang, Rabu (19/6).

Organisasi wanita PKK dapat menjadi motor penggerak masyarakat mewujudkan program ekonomi wisata tersebut. “Program Pemkot banyak, jangan sampai lena, tertidur, karena sudah baik. Harus dikendalikan dengan baik,” ujar Wali Kota.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Magelang, Yetty Biakti Sigit Widyonindito menambahkan pihaknya menjadi mitra menyukseskan program pemerintah. “Program pokok PKK meliputi banyak hal dari sandang, pangan, papan dan lainnya. Ini dikerjakan oleh kader-kader untuk ikut menyejahterakan masyarakat.”

Jumlah kunjungan wisatawan lokal dan asing ke Candi Borobudur mencapai 3,6 juta dan 192.231 orang pada tahun 2018. Magnet wisata Borobudur dimanfaatkan warga sekitar untuk meningkatkan pendapatan.

Banyak paket wisata dan usaha home stay yang dikelola warga setempat tumbuh di Borobudur. Mereka berupaya membuat wisatawan nyaman dan betah tinggal di dusun-dusun sekitar candi.

Pengembangan wisata mulai merambah ke kawasan perbukitan Menoreh yang memanjang di sisi barat hingga barat daya Candi Borobudur. Lokasi swafoto yang menawarkan pemandangan indah saat matahari terbenam banyak terdapat di kawasan ini.

 

962