Home Politik Rakernas PDIP Dipercepat Untuk Regenerasi Partai

Rakernas PDIP Dipercepat Untuk Regenerasi Partai

Jakarta, Gatra.com - Partai PDI Perjuangan (PDIP) menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) pada Rabu (19/6) lalu. Padahal, Rakernas sebelumnya direncanakan berlangsung pada 2020.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat politik Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes mengatakan bahwa saat ini PDIP tengah melakukan reformasi internal terkait struktur pengurus di kabinet mendatang.

"Karena kan ada beberapa kader PDIP yang akan ditarik ke pemerintahan ya. Kalau mereka berada di struktur partai, tentu itu akan menyulitkan," jelasnya kepada Gatra.com, Selasa (25/6).

Baca Juga: PDIP Solid Usung Megawati Kembali Jadi Ketum

Selain itu, Arya mengungkapkan bahwa partai berlambang banteng tersebut sedang melakukan peremajaan dalam struktur organisasi internal PDIP.

"Menurut saya bagaimana mereka [sekarang] mempersiapkan regenerasi di internal, terutama menjelang 2024 ya. Serta apa yang harus dilakukan menjelang pemilu tersebut," tutur dia.

Sebagai informasi, terdapat usulan kepada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk menambah sejumlah pengurus di tubuh partai. Penambahan pengurus itu yakni wakil ketua umum (Waketum) dan juga ketua harian.

Baca Juga: PDIP: Megawati Dibutuhkan Jokowi untuk Susun Kabinet

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristianto mengatakan, jabatan baru tersebut disusun secara singkat dan belum resmi. Nantinya, jika ada jabatan baru, maka Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) harus diubah, sehingga bisa menopang pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini waktunya kan sangat singkat, karena kami ingin mendahului agenda pemerintahan negara dengan melakukan konsolidasi,” ujar Hasto kepada wartawan di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (19/6).

302