Home Info Kemenhan Kanwil Kemhan Bali Resmi Beroperasi

Kanwil Kemhan Bali Resmi Beroperasi

923

Denpasar, Gatra.com - Menteri Pertahanan Ryamizard Republik Indonesia Ryacudu meresmikan operasionalisasi Kantor Wilayah (Kanwil) Kemhan Provinsi Bali di Kota Denpasar, Selasa(25/6). Menurut Menhan, beroperasinya Kanwil Kemhan ini antara lain untuk mensinergikan penyelenggaraan pertahanan militer dan nirmiliter di daerah, bersama Pemda untuk mengelola potensi ancaman menjadi potensi pertahanan.

"Selain itu, Kanwil Kemhan juga bertugas membina dan mendayagunakan segenap sumber daya nasional bagi kepentingan kesejahteraan dan pertahanan serta mendukung dan mengimplementasikan kebijakan bela negara,” kata Menhan.

Menurutnya, Bela Negara merupakan salah satu Kebijakan Kementerian Pertahanan untuk menangkal Ancaman Belum Nyata, Ancaman Nyata khususnya dalam menangkal Ancaman Non Fisik yang sangat berbahaya saat ini yaitu ancaman “Perang Mindset” yang berupaya untuk merubah Ideologi Negara Pancasila atau yang populer dengan istilah Perang Modern atau “Proxy War”.

"Ancaman ini berbentuk kekuatan “soft power” yang berupaya untuk merusak jati diri bangsa Indonesia melalui pengaruh kehidupan ideologi asing yang beraliran Materialisme dengan Orientasi Kekuasaan," ujarnya.

Menhan menilai, saat ini ancaman mindset yang sangat nyata dan konkrit, serta memerlukan tindakan bersama yang serius adalah ancaman bahaya Terorisme dan Radikalisme. "Dengan peresmian Kanwil Kemhan ini, saya mengharapkan agar dapat menjadi mata dan telinga Kementerian Pertahanan dan sebagai penghubung untuk menyosialisasikan dan mengimplementasikan Kebijakan Kementerian Pertahanan di Daerah," ujarnya.

Menhan juga berharap agar Kantor Kanwil ini dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik-baiknya. Ia ingin agar kantor tersebut dipergunakan dan fasilitas yang ada dirawat dengan sebaik-baiknya hingga dapat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Lanjut Menhan, hal yang sangat penting adalah kelengkapan fasilitas penunjang tugas kedinasan, dan hendaknya dapat menjadi pendorong untuk lebih meningkatkan kinerja dan profesionalisme pegawai di lingkungan Kanwil Kemhan. Dengan begitu, kata Menhan, dapat menunjang kelancaran pelaksanaan tugas.

Menhan pun mengajak seluruh personel Kanwil Kemhan untuk menjaga dan merawat kantor tersebut dengan baik guna meningkatkan pelayanan dibidang pertahanan di Provinsi Bali. “Kembangkan inovasi dan tingkatkan kemampuan sesuai kapasitas dan kompetensi sebagai wujud dari apresiasi kita terhadap barang milik negara,” tegasnya.

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS