Home Ekonomi BI Prediksi Ekonomi Lampung Tumbuh Tinggi di 2019

BI Prediksi Ekonomi Lampung Tumbuh Tinggi di 2019

Bandarlampung, Gatra.com - Memasuki triwulan I tahun 2019 ekonomi Lampung tumbuh sebesar 5,18 %. Hal ini membuat Lampung berada di posisi ketiga pertumbuhan ekonomi tertinggi di seluruh Sumatera.

"Ekonomi Lampung pada triwulan 1 2019 masih tumbuh solid sebesar 5,18 persen (year of year), melampaui rata-rata pertumbuhan ekonomi di periode yang sama 3 (tiga) tahun terakhir. Baik pertumbuhan ekonomi Sumatera dan Nasional " ujar Kepala BI Lampung Budiharto Setyawan kepada wartawan usai rapat bersama terkait Lampung Economic Update 2019, Kamis (27/6).

Menurut Budiharto, hal tersebut merupakan pencapaian yang baik, meskipun tercatat lebih rendah dibandingkan triwulan IV 2018 yang mencapai 5,38 persen (year of year), namun pertumbuhan tahun ini tetap memposisikan Lampung berada pada peringkat ketiga pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera.

Budiharto melanjutkan, bila dilihat dari permintaan, pertumbuhan ekonomi Lampung pada triwulan I 2019 didukung oleh konsumsi rumah tangga dan perlambatan impor.

Kendati demikian, kontraksi ekspor dari perlambatan investasi tercatat menahan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi pada periode laporan.

Sementara itu bila dilihat dari penawaran, Budi menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Lampung ditopang oleh peningkatan kinerja pada industri pengolahan, perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor, serta konstruksi.

Melihat perkembangan ke depan, Bank Indonesia perwakilan Lampung memprediksi ekonomi Lampung sepanjang 2019 akan tetap tumbuh tinggi pada triwulan II dan triwulan III 2019. “Pertumbuhan ekonomi Lampung memasuki triwulan II 2019, diperkirakan tetap tumbuh tinggi dengan kisaran 5,1 persen hingga 5,5 persen dengan potensi bias keatas lebih tinggi dibandingkan capaian periode sebelumnya " lanjut Budi.

Budi mengatakan hal tersebut dapat diprediksi karena masih berlanjutnya produksi lapangan usaha pertanian khususnya tanaman pangan dan membaiknya produksi lapangan, usaha perkebunan yang bisa mendorong laju pertumbuhan ekonomi Lampung.

Selanjutnya pada triwulan III 2019, Budi menyakinkan pertumbuhan ekonomi Lampung diperkirakan tetap tumbuh tinggi. "Tumbuh dengan kisaran 5,1 persen-5,5 persen (yoy) dengan potensi bias ke bawah hingga beberapa point dari capaian triwulan sebelumnya " tutup Budi

Sementara pertumbuhan lainnya diperkirakan bersumber dari meningkatnya realisasi investasi dan perbaikan net ekspor yang didukung dari produksi pertanian.

Reporter: Karvarino

Editor: Bernadetta Febriana