Home Kesehatan Ini Manfaat Kesehatan dari Diet Mediterania

Ini Manfaat Kesehatan dari Diet Mediterania

New York, Gatra.com - Para ahli kesehatan menganggap diet Mediterania sebagai salah satu diet paling sehat yang pernah dibuat. Sebab, diet tersebut berfokus pada makanan alami, terutama tanaman yang dikombinasikan dengan lemak sehat.

Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa orang dapat sepenuhnya menikmati manfaat kesehatan dari diet Mediterania ketika dikombinasikan dengan olahraga teratur. Seperti yang dilansir dari Medical Daily, Kamis (27/6), diet ini menawarkan lebih banyak manfaat sebagai berikut.

1. Menurunkan Berat Badan

Diet Mediterania hanya mencakup makanan yang muncul secara alami seperti sayuran dan buah-buahan. Diet ini juga mengandung gula yang sangat rendah dan tidak ada bahan pengawet atau bahan buatan. Kurangnya makanan olahan dan rendahnya jumlah gula dalam makanan dapat membantu mempercepat penurunan berat badan. Diet mediterania mempromosikan pendekatan yang sehat dan bebas dari penumpukan lemak. Hal ini membantu mengatur berat badan dan mengurangi lemak karena kehadiran makanan padat nutrisi. Pendekatan ini berfokus pada konsumsi lemak sehat dan menurunkan karbohidrat.

2. Mencegah Kanker

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran memberikan tubuh antioksidan, melindungi DNA dari kerusakan, memotong peradangan dan menunda pertumbuhan tumor. Minyak zaitun, yang merupakan salah satu bahan umum dari diet Mediterania juga membantu mengurangi risiko kanker usus besar.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa diet tradisional Mediterania dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak zaitun saja dapat menurunkan tekanan darah dengan membuat oksida nitrat lebih mengarah pada kesehatan arteri.

4. Mencegah Demensia

Diet ini bisa membantu menjaga daya ingat karena keberadaan lemak sehat seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan dalam makanan. Diet Mediterania juga termasuk sayuran dan buah-buahan anti-inflamasi, yang dapat mencegah masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia seperti penyakit alzheimer dan demensia.

5. Dapat Melawan Diabetes

Selain itu, diet Mediterania dapat membantu mencegah diabetes dengan mengendalikan kelebihan insulin. Diet rendah gula ini membantu mengatur kadar gula darah dengan menyediakan makanan utuh, yang mengandung asam lemak, protein dan karbohidrat sehat.

6. Meningkatkan Kualitas Hidup

Mengkonsumsi sayuran bersama dengan lemak sehat dapat meningkatkan umur panjang. Minyak zaitun dan beberapa kacang-kacangan menghasilkan lemak tak jenuh tunggal yang dikaitkan dengan tingkat penyakit jantung, kanker, depresi, penurunan kognitif dan penyakit alzheimer yang lebih rendah di antara penyakit lain yang dianggap sebagai penyebab utama kematian di negara maju.

155

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR