Home Gaya Hidup Eksotisme Jember dalam Pameran Destinasi Indonesia Expo 2019

Eksotisme Jember dalam Pameran Destinasi Indonesia Expo 2019

Jakarta, Gatra.com - Penyelenggaraan Destinasi Indonesia Expo 2019 yang berlangsung di JCC, Jakarta tanggal 27-29 Juni 2019 semakin meriah dengan hadirnya stand-stand menarik dari para peserta, salah satunya stand Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember. Kali ini Pemkab Jember membawa berbagai kostum koleksi Jember Fashion Carnaval (JFC).

Ning Enterpreneur Jember 2017 Divena Refi Sanggaitarani yang hadir dalam stand mengatakan Pemkab Jember menonjolkan kekayaan budaya dalam dalam pameran ini. "Kami mempromosikan event terbesar kami, JFC 2019 yang akan berlangsung tanggal 31 Juli-4 Agustus 2019. Bagi saya JFC adalah sebuah kebudayaan modern, yang mengangkat nama Jember ke kancah internasional," pungkasnya saat ditemui Gatra.com di stand Pemkab Jember, JCC, Jakarta, Jumat (28/6) siang.

Baginya JFC merupakan event terbesar Jember yang patut dilestarikan, karena ini bagian dari promosi pariwisata Jember. "JFC itu dari masyarakat dan untuk masyarakat, dan yang ikut dalam event ini adalah masyarakat Jember yang sadar pentingnya mempromosikan wisata budaya Jember, melalui karya-karya mereka," ujarnya.

Ia mengatakan atraksi pariwisata seperti JFC dapat berperan dalam menggerakkan roda perekonomian.

"Saat event JFC banyak pihak yang diuntungkan, salah satunya para pedagang. Menjelang event JFC itu biasanya banyak turis Asing datang. Artinya penyelenggaraan JFC bisa membawa pengaruh besar bagi masyarakat, dan bisa mendorong perekonomian masyarakat juga," tambahnya.

Saat mengunjungi stand Pemkab Jember, pengunjung akan merasakan kekuatan budaya yang ditonjolkan daerah ini. Ada beberapa kostum unik koleksi JFC, dan berbagai informasi destinasi wisata menarik di Jember.

Seperti yang diketahui, pameran Destinasi Indonesia Expo 2019 merupakan pameran yang memperkenalkan beragam destinasi wisata dan produk kreatif dari berbagai daerah di Indonesia. Pameran ini merupakan rangkaian dari acara Trisakti Tourism Award 2019 yang baru pertama kali diadakan.

Menurut Refi, Jember tak hanya unggul dari segi wisata budaya. "Jember punya destinasi wisata alam yang melimpah, diantaranya Pantai Papuma, Teluk Love, Pantai Bandealit yang tersembunyi, mau ke pantai itu melalui jalan yang cukup menantang. Ada juga Air Terjun Tancak Tulis yang jadi air terjun tertinggi se-Jember. Wisata alam di Jember berpotensi sekali," ujar Refi.

261