Home Kesehatan Menkes Lepas 24 Orang PPIH Non Kloter

Menkes Lepas 24 Orang PPIH Non Kloter

Jakarta, Gatra.com - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Nila Moeloek melepas 24 orang PPIH non kloter yang bertugas mengawal kesehatan jamaah haji ke Saudi Arabia di Kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada Senin (1/7).

Dalam kesempatan ini, Nila mengimbau, agar PPIH juga turut menjaga kesehatan diri sendiri, di samping memperhatikan kondisi para jamaah.

"Gelombang panas sedang menyerang Eropa dan sepertinya akan merembet ke Timur Tengah. Mengingat, tambahan haji membuat pekerjaan jadi cukup berat. Saya pesan, kepada PPIH untuk menjaga kesehatan diri sendiri. Kalau ada sesuatau dengan PPIH, gimana jamaahnnya," ujarnya.

PPIH non kloter ini menjadi petugas kesehatan yang nantinya akan menyambut kedatangan para jamaah haji, beserta dengan PPIH kloter. Mereka akan berada di Arab Saudi selama kurang lebih 76 hari atau 2,5 bulan.

"PPIH ini bertugas untuk mengatur kedatangan jamaah haji. Jadi harus menjaga keadaan penginapan di sana semua dalam keadaan yang bersih, teratur dan baik," terang Nila.

Setibanya di sana, petugas promotif, preventif dan gerak cepat diharapkan sudah bisa mempersiapkan kedatangan para jamaah haji yg mulai diberangkatkan pada 7 Juli 2019 mendatang. PPIH harus menerapkan (SARI) yakni sigap, handal dan amanah, responsif serta inovatif.

146