Home Gaya Hidup Roadshow ke Kampung Kerukunan Umat Beragama

Roadshow ke Kampung Kerukunan Umat Beragama

Tanjung Jabung Barat, Gatra.com – Sebagai kampung kerukunan umat beragama, Kelurahan Sungai Nibung menjadi salah tujuan kegiatan roadshow para Kepala Kesbangpol se-Provinsi Jambi. Para Kepala Kesbangpol ini ingin melihat langsung bagaimana kondisi di kelurahan yang memiliki tempat ibadah untuk empat agama, dan umatnya rukun tanpa pernah ada konflik agama.

Empat tempat ibadah di Kelurahan Sungai Nibung tersebut yaitu Masjid Al Baqiyatus Sholihat, Gereja Kristen Pantekosta, Vihara Budhayana, dan Klenteng Leng Dan Keng. Keempatnya merupakan tempat ibadah yang besar dan dengan jarak yang tak begitu jauh. Kegiatan dipusatkan di Vihara Budhayana.

Lurah Sungai Nibung, Al-Frizal Fajri, pada kesempatan itu menjelaskan tentang profil Kelurahan Sungai Nibung. Dimana Kelurahan Sungai Nibung merupakan Kelurahan Pemekaran dari Kelurahan Tungkal Harapan.

"Kelurahan ini dimekarkan pada tahun 2012 berdasarkan Perda Nomor 22 tahun 2011 tanggal 25 November 2011. Kelurahan Sungai Nibung terbentuk sejak tanggal 20 Juli 2012 dan saat ini terdiri dari 10 RT dan memiliki luas wilayah 11,08 kilometer persegi atau 1.108 hektar," katanya Kamis (4/7).

Disebutkannya pula, tahun 2017 Kelurahan Sungai Nibung diresmikan sebagai Kampung Kerukunan Umat Beragama oleh Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial. Karena menjadi satu-satunya kelurahan yang memiliki tempat ibadah dari empat agama.

Sementara, Ketua FKUB Tanjung Jabung Barat, KH. Satar Gani, juga mengatakan, beberapa kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh para pemeluk agama masing-masing di Kelurahan Sungai Nibung, dilaksanakan secara aman. Para pemuka agama saling berkomunikasi, guna mempererat silaturahmi dalam rangka pembinaan kerukunan antar umat beragama.

"Masyarakat di sini juga saling menghargai dan menghormati perbedaan agama," ujarnya.

KH. Satar Gani juga meminta, agar masyarakat tetap menjaga kerukunan tersebut. Masyarakat juga diminta untuk tidak memandang ras dan agama, karena masyarakat merupakan satu kesatuan yang utuh dibawah naungan NKRI.

"Kampung Kerukunan Umat Beragama di Kelurahan Sungai Nibung Kabupaten Tanjung Jabung Barat semogat dapat dijadikan contoh untuk diterapkan di kabupaten/kota lainnya," ujarnya.

Usai kegiatan roadshow di Kampung Kerukunan Umat Beragama, rombongan Kepala Badan Kesbangpol se-Provinsi Jambi melanjutkan kunjungan roadshownya ke Kampung Pancasila yang berada di Kecamatan Tebing Tinggi. Selain itu juga mendatangi Kampung Anti Narkoba di Desa Tanjung Bojo, Kecamatan Batang Asam.

619