Home Kesehatan Hari Lanjut Usia, Anies: Warga Senior Dapat Layanan Gold

Hari Lanjut Usia, Anies: Warga Senior Dapat Layanan Gold

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang ke-23. Dalam kesempatan tersebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa warga lanjut usia harus mendapat pelayanan terbaik.

Menurut Anies, hasil pembangunan dapat dilihat dari cara pemerintah melayani warga seniornya. Kata dia, pelayanan yang baik akan meningkatkan harapan hidup warga Lansia. "Pelayanan Gold harus diberikan pada warga lansia. Merekalah golden customer. Karena cara kita menghargai orang tua menggambarkan juga nanti bagaimana adab sebuah masyarakat," kata Anies dalam sambutan di Workshop Kesehatan Lansia di Balai Kota Jakarta, Jumat (5/7).

Terkait pelayanan yang diberikan terhadap Lansia. Anies mengatakan saat ini telah memiliki beberapa program khusus bagi penduduk lansia, salah satunya melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ).

KLJ diberikan kepada masyarakat lansia yang secara sosial ekonomi memiliki keterbatasan, sehingga mereka mendapatkan uang tunai untuk kebutuhan sehari-hari, sekaligus perawatan kesehatannya. Anies juga berpesan kepada pihak bank untuk mendahulukan Lansia dalam antrean.

"Kita menyadari bahwa begitu berbicara tentang masyarakat lanjut usia. Maka sesungguhnya kita berbicara tentang hasil pembangunan manusia," tutur Anies.

Sebagai informasi, workshop yang digelar bersama Kemenkes itu juga dihadiri organisasi profesi, akademisi, dan LSM pemerhati lansia. Kolaborasi bersama lintas sektor dan lembaga tersebut diharapkan dapat menyusun inovasi baru dalam upaya pelayanan kepada masyarakat lanjut usia Indonesia

“Saya harap ini peringatan yang benar-benar kita ingat bahwa masalah lansia harus kita siapkan solusinya dengan baik. Kita harus punya langkah-langkahnya sehingga hari lansia bukan jadi seremoni saja," papar Anies.

407