Home Olahraga Djokovic Raih Gelar Wimbledon Kelima Usai Kalahkan Federer

Djokovic Raih Gelar Wimbledon Kelima Usai Kalahkan Federer

Wimbledon, Gatra.com - Novak Djokovic menyelamatkan dua match point untuk meraih gelar Wimbledon kelima dan gelar major ke-16. Djokovic menggagalkan upaya Roger Federer untuk menjadi juara Grand Slam tertua di final terpanjang, yang pernah dimainkan di turnamen ini.

Meski sebelumnya sering dikalahkan oleh petenis Swiss berusia 37 tahun, itu untuk sebagian besar pertemuan, petenis nomor satu dunia ini menang 7-6 (7/5), 1-6, 7-6 (7/4), 4-6, 13-12 (7/3). 
Pada 4 jam dan 57 menit, itu adalah final Wimbledon terpanjang yang pernah dimainkan dan diselesaikan dengan tiebreak set terakhir untuk pertama kalinya.

"Saya pikir ini final yang paling menggairahkan, maka pasti itu ada dalam dua atau tiga teratas capaian karir saya melawan salah satu pemain terhebat sepanjang masa, Roger, yang saya hormati," kata Djokovic dikutip dari AFP, Senin (15/7).

Djokovic adalah pemain pertama dalam 71 tahun yang memenangkan gelar dari match point ke bawah. 

Dia sekarang sejajar dengan Bjorn Borg sebagai pemenang Wimbledon lima kali.

"Sayangnya dalam jenis pertandingan ini seseorang harus kalah. Cukup, tidak realistis untuk mendapatkan dua match point kembali dan aneh memainkan tie-break pada skor 12-12," ujar Djokovic.

Kemenangan Djokovic berarti bahwa 'Tiga Besar' tenis putra, dirinya, Federer dan Rafael Nadal telah memenangkan 11 Slam terakhir. 
Dia sekarang telah memenangkan sembilan dari 11 bentrokan terakhir melawan Federer dan tiga dari empat pertemuan Wimbledon mereka.

60

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR