Home Politik Said Aqil: Nabi Muhammad Tidak Pernah Dirikan Negara Islam

Said Aqil: Nabi Muhammad Tidak Pernah Dirikan Negara Islam

Jakarta, Gatra.com - Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj menegaskan Nabi Muhammad SAW tidak pernah mendirikan negara Islam. 

Menurut dia, Nabi Muhammad SAW mendirikan negara Madinah yang memiliki arti peradaban. Di mana penduduk Madinah sangat plural namun hidup berdampingan dengan damai. 

"Di Madinah ada pribumi dan pendatang, ada Muslim, Yahudi dan Nasrani. Melihat itu, nabi memutuskan muslim pendatang, pribumi dan non muslim, satu cita-cita satu visi semuanya satu umat," kata Said dalam Milad ke-47 Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Jakarta, Rabu (17/7). 

Tak hanya itu, lanjut Said Aqil, Nabi tidak pernah membenci dan menghukum seseorang karena perbedaan agama dan suku. Nabi hanya menghukum mereka yang melanggar hukum.

"Tidak ada permusuhan kecuali yang melanggar hukum, sistem ketika itu namanya muwathonah atau citizenship," ujar Said Aqil.

Dalam acara itu, Said Aqil kembali mengajak ulama untuk tidak mempertentangkan Islam dan nasionalisme. Sebagai puncak ijtihad politik ulama di Indonesia dilakukan oleh KH Hasyim Asy'ari dengan mendeklarasikan 'Hubbul Wathon Minal Iman' atau nasionalisme bagian dari keimanan.

 

10643