Home Gaya Hidup Blog Minat Baca Harus Dimanfaatkan Dengan Baik

Blog Minat Baca Harus Dimanfaatkan Dengan Baik

Medan, Gatra.com – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Maya Fitriani mengharapkan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Medan memanfaatkan blog minat baca sebagai ruang berkarya dan mengembangkan dunia literasi.

Maya Fitriani mengatakan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan terus melakukan upaya menggalang minat masyarakat dalam mengembangkan dunia literasi. Terlebih bagi para pelajar SMP agar dapat meningkatkan kecakapan hidup khususnya dalam pengembangan diri. 

“Untuk itu kita membuat kegiatan pembinaan dan pengembangan literasi siswa melalui blog minat baca. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan minat dan membudayakan membaca. Terlebih di lingkungan sekolah dan kehidupan sehari-hari,” terangnya, Kamis (18/7).
 

Di sela – sela  pemberian hadiah kepada siswa yang berpartisipasi mengisi blog minat baca di SMP Harapan Mandiri dan SMP N 2 Medan,  Maya menuturkan bahwa di era digital, pengembangan kreativitas siswa tidak lepas dari teknologi. 

Untuk itu kemajuan teknologi harus dapat dijadikan sebagai media pengembangan pendidikan. Terlebih dalam membangun generasi yang melek terhadap literasi.  “Kita berharap dapat menampung karya-karya literasi siswa SMP, baik negeri maupun swasta. Kedepan muncul dan tercipta karya literasi siswa lebih banyak lagi. Serta dapat lebih memotivasi siswa untuk berkreasi dan berinovatif dalam litetasi,” jelasnya.
 

Sementara itu, Kepala Seksi Pengembangan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Jhonny Marbun mengatakan bahwa pihaknya memilih media blogs sebagai ruang pengembangan minat siswa lebih di dasari kemudahan penggunaan blog. Dengan harapan, kedepan siswa dapat memanfaatkan media tersebut untuk membuat blog pribadi sebagai media berkarya.
 
Dengan blog minat baca, sejumlah siswa sudah mengirimkan karya – karyanya dan dimuat di blog yang dikelola oleh dinas perpustakaan. Dari hasil Saat ini ada delapan sekolah yang siswanya ikut mengisi blog minat baca. Setiap siswa yang mengisi blog diberikan apresiasi. “Dengan harapan agar siswa yang lain ikut termotivasi dalam mengembangkan dunia literasi,” terangnya.
 
Reporter: Baringin Lumban Gaol
463