Home Olahraga Tinggal Sejengkal Lagi, Indonesia Juara Umum ASG 2019

Tinggal Sejengkal Lagi, Indonesia Juara Umum ASG 2019

Semarang, Gatra.com -Tuan rumah Indonesia  optimistis  meraih gelar juara umum pada ajang ASEAN School Games (ASG) XI 2019 yang saat ini  berlangsung di Semarang.

Chief de Mission atau Ketua Kontingen Indonesia ASG 2019, Yayan Rubaeni, menyatakan untuk meraih gelar juara umum minimal meraih 35 hingga 36 medali emas. “Tinggal membutuhkan tambahan 7 hingga 8 medali emas lagi untuk memastikan Indonesia meraih gelar juara umum ASG 2019,” katanya kepada Gatra.com di Semarang, Senin (22/7) siang, yang saat itu Indonesia mengoleksi 28 medali emas, disusul Thailand (23) dan Malaysia (16).  

Hingga Senin sore, kontingen pelajar Indonesia telah meraih sebanyak 31 medali emas, disusul pesaing terberat kontingen Thailand sebanyak 26 medali emas, dan Juara Umum ASG 2018, Malaysia, sebanyak 18 medali emas.

Tim Estafet Putri berhasil merebut medali Emas dalam ajang Asian Schools Games, Semarang, Senin (22/7) (GATRA/Adi Wijaya/far)

Bila target juara umum ASG ini dapat terpenuhi,  itu mengulang pencapaian prestasi Indonesia pada ASG 2015 di Brunai Darusalam.

Menurut Yayan, para atlet pelajar Indonesia yang berlaga pada ASG merasa terpacu dengan prestasi atlet senior pada ajang Asian Games 2018 yang mampu meraih peringkat keempat.

Peringkat keempat ini diraih saat menjadi tuan rumah. Prestasi ini merupakan tertinggi yang diraih kontingen Indonesia selama ajang Asian Games. “Pak Menteri Pemuda dan Olahraga (Imam Nahrawi) saat pengukuhan telah memberikan motivasi untuk meraih juara umum,” ucapnya.

Kepada atlet peraih medali di ASG, kata Yayan, akan mendapatkan bonus berupa beasiswa untuk melanjutkan pendidikan karena sesuai ketentuan atlet pelajar tidak boleh mendapatkan bonus berupa uang. “Ajang ASG ini menjadi batu loncatan bagi para atlet pelajar untuk meraih jenjang lebih tinggi level SEA Games dan Asian Games,” ujarnya.

 

 

 

512