Home Gaya Hidup Sebanyak 50 Seniman Lolos Seniman Mengajar 2019

Sebanyak 50 Seniman Lolos Seniman Mengajar 2019

Jakarta, Gatra.com - Program Seniman Mengajar yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali digelar tahun ini. Dari 513 pendaftar, Kemendikbud menyeleksi kemudian meloloskan 50 orang.

“Ada 50 seniman yang akan kita tempatkan di 12 wilayah residensi,” ujar Kepala Subdit Pembinaan Tenaga Kesenian Kemendikbud, Yusmawati, kepada Gatra.com di Jakarta, Rabu (24/7).

Para seniman yang lolos akan ditempatkan selama 45 hari di wilayah penugasan. Kali ini, program Seniman Mengajar mengambil lokasi di 12 daerah yang merupakan daerah terdampak atau berpotensi bencana, serta daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

Kepala Subdit Pembinaan Tenaga Kesenian Kemendikbud, Yusmawati (GATRA/Eva Agriana Ali/far)

Yusmawati menjelaskan ke-50 seniman ini bertugas membangun kesadaran berkesenian masyarakat setempat di wilayah penugasan masing-masing peserta. Program ini berlangsung dari 1 Agustus hingga 4 September 2019.

Seniman Tari, Heri Prasetyo atau yang lebih dikenal sebagai Herry Lentho didapuk menjadi salah satu kurator. Koreografer asal Malang ini menjelaskan kriteria pelamar yang lolos sangat ditentukan oleh proposal para pendaftar.

“Banyak yang programnya bagus, tetapi apakah realistis untuk dilaksanakan, itu yang kita lihat saat pendalaman di sesi wawancara,” ujarnya.

Heri yang kali ini bertugas sebagai mentor juga mengatakan para seniman diharapkan dapat membuat kegiatan yang berkelanjutan di daerah penempatan. Harapannya, meski program ini telah usai pun masyarakat masih bisa meneruskan program-program yang dibuat para peserta selama pendampingan.

“Kunci dari kegiatan ini adalah keberlanjutannya. Tahun depannya masyarakat harus bisa melakukan sendiri sebagai hasil dari pendampingan yang kita lakukan di daerah yang kita datangi,” ujarnya.

190