Home Ekonomi Kalsel Siap Jadi Tuan Rumah HKSN 2019

Kalsel Siap Jadi Tuan Rumah HKSN 2019

Banjarbaru, Gatra.com - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin menyatakan kesiapannya sebagai tuan rumah dari gelaran Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang akan berlangsung pada 14-20 Desember 2019 di berbagai kota dan kabupaten di Kalsel.

"Kalsel siap bergerak. Kita akan persiapkan semua yang sudah direncanakan, apa saja dalam bentuk kegiatan dan infrastruktur. Semua dalam rangka mensukseskan HKSN," ungkap Paman Birin kepada wartawan saat ditemui di Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru, Rabu (24/7).

Dengan berlangsungnya HKSN di Kalsel, Paman Birin optimis akan banyak memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat Kalsel dari aspek sosial maupun ekonomi.

Baca Juga: Peringatan HKSN, Mensos Ingin Libatkan Lebih Banyak Milenial

Ia mencontohkan sebelumnya dalam event nasional yang diselenggarakan di Kalsel, memberikan dampak langsung ke peningkatan pendapatan UMKM di Kalsel.

"Sering ada event nasional, perkonomian masyarakat terangkat, UMKM terangkat. Misalnya HKSN yang akan menggunakan batik sasirangan yang dikerjakan oleh masyarakat kita," ujarnya.

Sementara, Dirjen Pemberdayaan Sosial, Kementerian Sosial (Kemensos), Pepen Nazarudin memaparkan bahwa rangkaian HKSN nanti akan digelar di beberapa kabupaten dan kota yakni dari Kabupaten Tabalong, Hulu Sungai Selatan, Banjar, Kota Banjarmasin. Puncaknya dilangsungkan di Kota Banjarbaru.

Baca Juga: Pemprov DKI Siap Beri Makan Pencari Suaka Selama Sepekan

Salah satu rangkaian HKSN yang bertema "Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas" ini ialah kegiatan berupa ekspedisi bernama Lintas Batas Kesetiakawan Sosial melalui jalur darat dan susur sungai untuk memberikan manfaat di tempat yang dilalui. Diantaranya dengan melakukan renovasi rumah tidak layak huni di kabupaten yang nantinya dilalui.

Sementara Menteri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita menekankan agar penyelenggaraan HKSN dapat memberikan kebemanfaatan sosial dan ekonomi yang dapat dirasakan dampaknya baik di Kalsel maupun secara nasional. Dalam puncak penyelenggaraan HKSN, akan ada pula penghargaan yang diberikan kepada tokoh dan pihak-pihak yang memiliki jasa besar dalam pelayanan dan pemberdayaan sosial.

 

1233