Home Ekonomi Lelang 4 Wilayah Kerja Migas Konvensional Tahap 3, Dibuka

Lelang 4 Wilayah Kerja Migas Konvensional Tahap 3, Dibuka

Jakarta, Gatra.com - Pemerintah resmi membuka lelang Wilayah Kerja (WK) Migas Konvensional Tahap III tahun 2019 per tanggal 26 Juli. Lelang tersebut terbuka bagi seluruh Badan Usaha atau Bentuk Usaha Tetap pada kegiatan hulu minyak dan gas bumi.

 Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengumumkan peresmian tersebut di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (26/7) sore. Arcandra didampingi oleh Plt. Dirjen Migas Djoko Siswanto dalam peresemian tersebut.

Selain meresmikan pembukaan lelang, Djoko Siswanto juga menyampaikan laporan untuk lelang tahap II dan III. Pemerintah telah menawarkan 9 wilayah kerja yang terbagi dalam dua tahap tersebut. Tahap I terdapat 5 wilayah yang ditawarkan, dan terdapat dua pemenang lelang. Sementara untuk tahap II, 4 wilayah kerja masih proses dengan 13 peminat.

“Untuk tahap II akan ditutup pada tanggal 5 Agustus mendatang. Sementara tahap III sudah melalui proses administrasi, info ke Pemerintah Daerah mengenai pertimbangan teknis, juga soal tata ruang dan wilayah,” jelas Djoko Siswanto.

Arcandra menyampaikan, biasanya pada lelang blok, pemerintah hanya memberikan signature bonus seperti US$ 500. Saat ini pemerintah ingin melihat apakah penerapan signature bonus senilai US$2,5 juta akan menarik minat investor untuk mengajukan penawaran lelang wilayah kerja.

“Kita sekarang berusaha untuk lebih proaktif. Ini loh data bloknya, karena kita bersaing dengan negara lain bagaimana menarik investasi. Maka dari itu kita harus proaktif,” jelas Arcandra.

Arcandra merinci empat wilayah erja yang ditawarkan, WK East Gebang di offshore Sumatera Utara seluas 4.213,93 km2, WK West Tanjung I di onshore Kalimantan Tengah seluas 5.459,15 km2, WK Belayan I di onshore Kalimantan Timur seluas 5.276,28 km2, dan Cendrawasah VIII di offshore Papua, seluas 5.612,42 km2.

Arcandra juga menjelaskan terkait kegiatan roadshow yang dilakukan untuk mendapatkan feedback dari para kontraktor terkait WK yang ditawarkan. Kegiatan roadshow ini tidak hanya dilakukan di dalam negeri, namun juga di luar negeri untuk menarik minat investor.

Pemerintah akan menetapkan pembebasan akses data terhadap para peserta lelang, setelah surat penetapannya selesai dikerjakan. Nantinya, hanya pemenang lelang yang akan dikenakan biaya akses data.

Arcandra menambahkan, jadwal penawaran lelang wilayah kerja blok migas tahap III tahun 2019 untuk access bid document mulai 26 Juli 2019 hingga 18 Oktober 2019, Clarification Forum mulai 30 Juli 2019 hingga 18 Oktober 2019, dan Bid Submission mulai 18 Oktober 2019 hingga 25 Oktober 2019.

301