Home Kesehatan Simak, Bahan-bahan Ini Membantu Pengelupasan Kulit Alami

Simak, Bahan-bahan Ini Membantu Pengelupasan Kulit Alami

New York, Gatra.com - Pengelupasan kulit ternyata membawa banyak manfaat kesehatan. Pengelupasan diyakini juga mengatasi sebagian besar masalah kulit termasuk pori-pori besar, warna kulit tidak merata, kulit terkelupas, keriput, kusam, serta tekstur yang kasar.

Namun perlu diingat tidak semua bahan pengelupas dianggap efektif. Beberapa bahan dinilai terlalu kuat untuk kulit sensitif kita sementara beberapa hanya bekerja pada jenis kulit tertentu saja.

Berikut beberapa bahan pengelupas terbaik untuk kulit yang penting diperhatikan seperti dilansir dari Medical Daily pada Selasa (30/7).

1. Biji jojoba

Jojoba sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki kulit sangat sensitif. Biji jojoba ini halus dan ketika dipoles tidak akan pernah menggores kulit.

2. Kristal batu apung

Berikutnya dalam daftar bahan pengelupasan alami adalah kristal batu apung. Kristal juga dianggap sebagai eksfoliator alami, khususnya bagi mereka yang tidak memiliki kulit sensitif. Sebab, kristal batu apung merupakan eksfoliator yang lebih kuat.

3. Asam laktat

AHA merupakan singkatan dari alpha hydroxy acid yang berasal dari berbagai sumber tanaman dan susu. Asam laktat adalah salah satu jenis eksfoliator AHA yang umumnya berasal dari susu yang membantu pengelupasan dengan lembut.

4. Asam glikolat

Contoh lain dari eksfoliator AHA adalah asam glikolat yang cenderung lebih kuat. Namun sempurna untuk menyelesaikan masalah pada pori-pori dan penyumbatan kotoran yang tersembunyi di dalam kulit.

5. Asam malat

Asam malat adalah eksfoliator AHA yang berasal dari buah dan berguna untuk melarutkan lapisan atas kulit. Buah-buahan yang mengandung asam malat di antaranya nanas, aprikot, gooseberry, raspberry, ceri, apel dan lemon.

6. Asam sitrat

Eksfoliator AHA lain yang berasal dari buah adalah asam sitrat. Ini juga mampu melarutkan lapisan terluar kulit. Sebagai hasilnya, kita dapat secara efektif mengatasi masalah kulit dan mencegah penuaan dini.

7. Asam multifruit

Asam multiftuit juga bagian dari AHA yang dianggap sebagai exfoliant kimia alami karena sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki kulit yang sensitif terhadap bahan kimia yang keras. Jika kita memiliki kulit sensitif, mungkin bisa mencoba AHA alami yang dikenal sebagai asam multi-iritasi ini.

4007