Home Milenial Dukung Konten Kreatif Ramah Anak, Bekraf Gelar SCARA 2019

Dukung Konten Kreatif Ramah Anak, Bekraf Gelar SCARA 2019

Jakarta, Gatra.com - Upaya meningkatkan produk kreatif ramah anak dilakukan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan menggelar program pelatihan penulisan skenario cerita anak melalui program SCARA (Skenario Cerita Anak Nusantara) 2019.

Ini merupakan tahun kedua Bekraf berkolaborasi dengan Wahana Kreator Nusantara untuk mendukung ekosistem penulisan skenario sehingga diharapkan mampu melahirkan penulis skenario yang berkualitas, khususnya cerita anak.

Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Fajar Utomo mengatakan SCARA menjadi wadah Bekraf dalam membangun ekosistem industri kreatif yang ramah anak. "Lewat SCARA, Bekraf berharap akan lahir ide-ide atau inspirasi tentang konten ramah anak, kami juga menanti lahirnya penulis-penulis kreatif yang mampu menambah produk kreatif ramah anak baik secara kuantitas maupun kualitas," ujar Fajar dalam jumpa pers SCARA 2019 di Mal Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (31/7).

Sementara itu Direktur Utama Wahana Kreator Nusantara, Salman Aristo menekankan pentingnya industri perfilman menemukan bakat-bakat potensial dari penulis skenario anak. Dengan kemunculan penulis skenario anak diharapkan akan lahir karya yang bermutu dan inovatif dari pelaku perfilman di tanah air.

“Wahana Kreator berkomitmen menyumbangkan hasil yang signifikan bagi industri cerita anak di Indonesia, melalui kurikulum yang dirancang bersinergi dengan institusi di bidang kreatif dengan mempertimbangkan dampak yang nyata untuk industri konten anak,” kata Salman.

Oleh karena itu, kualifikasi peserta yang akan lolos seleksi SCARA tahun ini akan lebih ketat dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini semua peserta akan masuk ke writers room dan menjadi bagian dari tim pengembangan cerita sehingga skenario yang dihasilkan lebih matang dan siap diproduksi.

Workshop inkubasi SCARA 2019 berlangsung selama dua bulan. Peserta akan didampingi mentor yang sudah sangat berpengalaman dalam industri kreatif seperti Salman Aristo, Gina S. Noer, Arief Ash Shiddiq, dan penggiat pendidikan Najelaa Shihab.

Tahapan inkubasi di antaranya pembekalan materi, pembagian kelompok, pengembangan cerita dan penulisan skenario, hingga skenario memasuki draft satu. Dalam kurun waktu tersebut, peserta wajib hadir dalam pertemuan langsung dan mengerjakan tugas yang diberikan selama proses inkubasi.

Bagi yang berbakat dalam menulis cerita anak dan berkeinginan menambah produk kreatif ramah anak dapat mendaftarkan diri melalui laman www.scara.id. Pendaftaran tersebut dibuka mulai tanggal 23 Juli-12 Agustus 2019.

257