Home Ekonomi JK Sebut Transmigrasi Swakarsa Jadi Solusi Kepadatan Penduduk

JK Sebut Transmigrasi Swakarsa Jadi Solusi Kepadatan Penduduk

Jakarta, Gatra.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, ke depan tidak mudah untuk mencari lahan transmigrasi yang baik dengan jumlah penduduk sebanyak 264 juta jiwa. Oleh karenanya, transmigrasi swakarsa yang dibiayai oleh perusahaan atau mandiri menjadi salah satu solusi yang baik.

"Itu juga merupakan solusi pada saat di mana perkebunan sawit telah berkembang begitu banyak, dibutuhkan tenaga kerja di daerah-daerah transmigrasi seperti itu," ujarnya di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (1/8).

Menurutnya, selama program transmigrasi swakarsa ini memberikan kesejahteraan terhadap masyarakat, hal itu perlu terus didukung. Terlebih, perusahaan swasta yang menjalankan program ini diharapkan bisa memberikan suatu upaya bersama seperti pemberian bibit pertanian.

JK menyebutkan, saat ini telah banyak keluarga yang tergabung dalam program transmigrasi swakarsa yang dapat dikatakan sejahtera. Bahkan, lanjutnya, beberapa keluarga mampu memberikan pendidikan pada anak-anak mereka hingga ke jenjang perguruan tinggi.

"Kita lihat banyak juga di antara mereka yang anaknya sudah bersekolah tinggi dan menduduki posisi-posisi tinggi di daerah transmigrasi. Ini akan terjadi apabila ada suatu kebersamaan," katanya.

Ia berharap, hal ini akan menimbulkan suatu penggabungan kebudayaan yang positif. Dengan itu, tambahnya, akan mendorong kemajuan negara.

 

822