Home Politik PDIP Minta Jatah Menteri Terbanyak di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

PDIP Minta Jatah Menteri Terbanyak di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Sanur, Gatra.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri blak-blakan menyinggung komposisi kabinet saat berpidato dalam Kongres V partainya di Grand Inna Bali Beach, Sanur, Kamis, hari ini (8/8).

Menurut Megawati, sangat wajar jika PDIP sebagai partai pemenang menempatkan sebanyak mungkin kader dalam kabinet di kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin. 

"Di dalam kongres partai saya meminta dengan hormat PDIP akan masuk ke kabinet dengan jumlah menteri yang terbanyak. Itu namanya baru pukulan, duk," kata Mega disambut tepuk tangan dari seluruh peserta kongres.

Menurut Mega, kemenangan PDIP jilid II di Pemilu 2019 adalah buah dari kesabaran selama ini menjadi oposisi. Dua periode pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, PDIP tidak pernah meminta jabatan atau menempatkan kadernya di kabinet.

Saat itu, cerita Mega, ada kader yang protes dengan konsistensi PDIP. Tetapi dengan tegas meminta agar siapapun yang masuk ke kabinet harus mengundurkan diri dari PDIP. 

Kesabaran ini akhirnya berhasil dengan pengalaman kemenangan di pemilu 2014 dan 2019.

"Nanti ada yang minta, saya kira karena PDIP sudah banyak kemenangan, sudah a..a..a..a.., saya kasih cuma empat (Menteri). Oh no! Tidak mau!. Tidak mau! Tidak mau! Iya dong, orang yang enggak dapat (Kemenangan) aja minta," tegas Mega.

248