Home Milenial Presiden IDN Global: Kongres Diaspora Sejalan Arahan Jokowi

Presiden IDN Global: Kongres Diaspora Sejalan Arahan Jokowi

Jakarta, Gatra.com - Kongres Diaspora Indonesia (CID) ke-5 akan berlangsung dari tanggal 10 hingga 13 Agustus mendatang. Pada pembukaan hari ini, acara kongres mendapatkan apresiasi dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia. 
 
Presiden IDN Global, Mark Gerald Eman menyebutkan kongres diaspora kali ini mengusung tema "Empowering Indonesia's Human Capital" yang relevan dengan kekayaan diaspora yakni SDM. 
 
"Kami sungguh mempercayai bahwa pembangunan SDM merupakan kunci keberhasilan pembangunan Indonesia," ujar Mark dalam kegiatan CID ke-5, Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (10/8).
 
Menurutnya tema dalam kongres tersebut sejalan dengan arahan Presiden Jokowi perihal pembangunan SDM dan diaspora.
 
"Bahwa salah satu tujuan utama dari kegiatan diaspora selama ini adalah pembangunan SDM sesuai dengan arahan Presiden Jokowi saat pidato kebangsaan di Sentul," katanya.
 
Mark menyebutkan bahwa pembangunan SDM tersebut sejalan dengan misi Diaspora Indonesia yakni memberikan kontribusi terhadap percepatan pembangunan Indonesia. 
 
Sebagai informasi, Kongres Diaspora Indonesia tahun ini berkolaborasi dengan Indonesia Scholarship Network (ISN) untuk kegiatan Scholarship & Education Expo. Dalam kegiatan tersebut turut dihadirkan berbagai lembaga pemberi beasiswa baik dari pemerintah Indonesia maupun pemerintah asing. Selain itu juga hadir yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan dan perusahaan yang mendukung sektor pendidikan di tanah air. 
 
IDN-Global  juga bekerja sama dengan aplikasi Diaspora Connect yang menjadi wadah pemersatu antar Diaspora Indonesia. Peluncuran aplikasi tersebut juga mendapat dukungan dari Kementerian Luar Negeri yang berhubungan dengan database diaspora dan Kartu Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (KMILN). Ke depan juga ada rencana penerbitan Diaspora Bonds oleh IDN-Global dengan Kementerian Keuangan.
 
Untuk diketahui Kongres Diaspora Indonesia (CID) merupakan acara yang rutin diadakan oleh IDN-Global setiap dua tahun sekali. Jaringan komunitas ini berhasil menghubungkan para Diaspora Indonesia untuk visi membangun tanah air.
217