Home Internasional Korban Tewas Ledakan Roket Rusia Diberi Gelar Pahlawan

Korban Tewas Ledakan Roket Rusia Diberi Gelar Pahlawan

Moscow, Gatra.com - Rusia memberikan penghargaan pada lima orang yang tewas akibat ledakan roket yang terjadi pada Kamis (8/8). Kelima korban itu dianggap sebagai pahlawan nasional.

Dikutip Reuters, insiden mengenaskan itu terjadi saat uji coba mesin roket bertenaga nuklir. Bahan bakar roket terbakar sehingga menyebabkannya ledakan dan menjatuhkan beberapa orang ke laut.

Ledakan tersebut menyisakan sebuah tetesan di atas laut lepas di Rusia utara yang menyebabkan lonjakan radiasi di kota terdekat. Dampak tersebut telah membuat penduduk setempat resah. Mereka membeli yodium untuk mengurangi efek paparan radiasi.

Para ahli nuklir yang berpusat di AS menduga ledakan itu terjadi selama pengujian rudal jelajah bertenaga nuklir yang dibanggakan oleh Presiden Vladimir Putin, tahun lalu.

Kepala pusat nuklir, yang merupakan bagian dari badan nuklir Rusia Rosatom, Valentin Kostyukov, mengatakan kelima orang yang tewas itu merupakan elit dari Pusat Nuklir Federal Rusia dan telah teruji untuk menghadapi kondisi sulit. 

Nama-nama korban yang diberi penghargaan sebagai pahlawan antara lain, Alexei Vyushin, Evgeny Koratayev, Vyacheslav Lipshev, Sergei Pichugin dan Vladislav Yanovsky.

"Para penguji adalah pahlawan nasional," kata Valentin, Senin (12/8).

198