Home Politik Polri Siapkan Pengamanan Upacara HUT RI Termasuk Papua

Polri Siapkan Pengamanan Upacara HUT RI Termasuk Papua

Jakarta, Gatra.com - Seluruh aparat kepolisian bersama TNI, pemerintah daerah dan stakeholder terkait siap berkoordinasi melakukan pengamanan pada Upacara Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia pada Sabtu besok, 17 Agustus 2019.
 
Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan tidak ada perbedaan perlakuan pengamanan antara satu daerah dengan daerah lainnya. Ia menyebut pengamanan yang dilakukan di seluruh wilayah akan berjalan seperti biasa. 
 
Untuk pengamanan upacara di Papua, Dedi mengatakan sudah ada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang disiapkan. Aparat Polri-TNI menurutnya akan hadir dalam upacara kemerdekaan tersebut. 
 
"Untuk di wilayah khusus di Papua pun demikian, berlaku standar prosedurnya sama. Kehadiran TNI-Polri menjamin keamanan dan keberlangsungan pelaksanaan penaikan, penurunan bendera Merah Putih berjalan secara aman tertib dan lancar," ujar Dedi saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (16/8).
 
Ia menjelaskan kehadiran aparat tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan khususnya terkait keamanan.
 
"Kita mengantisipasi segala macam kemungkinan terburuk, termasuk halnya serangan terorisme dan  serangan-serangan lainnya. Itu kita antisipasi secara maksimal," katanya.
 
Untuk pengamanan di Jakarta, Dedi menyebutkan akan difokuskan di wilayah ring satu yakni Istana Merdeka.
 
"Di Jakarta khususnya untuk fokus pengamanan di Istana (karena) akan diselenggarakan puncak peringatan Hari Kemerdekaan. Namun menjadi objek vital nasional dan sentra keramaian masyarakat tetap jadi fokus keamanan kepolisian," tutup mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu.
326