Home Ekonomi Sepuluh Kementerian Ini Sebagai Penerima Anggaran Terbesar

Sepuluh Kementerian Ini Sebagai Penerima Anggaran Terbesar

 

Jakarta, Gatra.com – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani menyebut, ada sepuluh kemeterian yang menerima anggaran terbesar pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Kementerian yang mendapat anggaran paling besar, kata Sri Mulyani ialah Kementerian Pertahanan, dengan total penerimaan sebesar Rp127,4 triliun. Angka tersebut meningkat drastis, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang besaran outlook-nya Rp109,6 triliun dan realisasi pada tahun 2018 sebesar Rp106,7 triliun.

Kementerian PUPR yang menempati urutan kedua, juga mengalami peningkatan drastic jika disbanding tahun sebelumnya. “Untuk tahun ini, anggaran Kementerian PUPR sebesar Rp120,2 triliun. Naik dari outlook tahun 2019, sebesar Rp111,8 triliun dan realisasi tahun 2018 sebesar Rp102,5 triliun,” kata Sri Mulyani saat menjabarkan Nota Keuangan dan RAPBN Tahun 2020, di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (KPDJP), Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (16/8).

Sementara itu, pada posisi ketiga dengan penerimaan anggaran terbayak ialah Kepolisian RI (Polri). Sri Mulyani menyebutkan, anggaran yang didapatkan Polri pada 2020 sebesar Rp90,3 triliun, yang mana dalam anggaran itu sudah termasuk pendanaan untuk keamanan Pilkada serentak 2020.

Selanjutnya, Sri Mulyani menyebutkan, Kementerian Agama sebagai penerima anggaran terbesar keempat. Dengan kenaikan sebesar Rp65,1 triliun, dari outlook tahun sebelumnya yaitu Rp60,2 triliun.

“Kementerian Sosial juga mendapatkan peningkatan yang cukup banyak dari tahun sebelumnya, yaitu Rp62,8 triliun, dengan outlook tahun sebelumnya Rp57,8 triliun,” tambah Sri Mulyani.

Pada urutan selanjutnya, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menuturkan, meski tak mengalami peningkatan yang signifikan, tetapi Kementerian Kesehatan tetap menjadi salah satu kementerian yang menerima anggaran paling banyak pada 2020 nanti, dengan rincian Rp57,4 triliun.

Kemudian, kata Sri Mulyani, Kementerian Perhubungan mendapatkan pagu sebesar Rp42,7 triliun. Naik sedikit dari tahun sebelumnya Rp41,4 triliun. “Untuk Kementerian Perhubungan, kami mencatatkan pertumbuhan anggaran belanja yang relatif stagnan, ini sejak dua tahun terakhir,” ucap Sri Mulyani.

Sementara itu, Kemenristekdikti mencatat anggaran yang didapatkan pada 2020 nanti sebesar Rp42,2 triliun. Selanjutnya, Kemenkeu mendapatkan pagu sebesar Rp37,2 triliun.

Sedangkan pada urutan terakhir ada Kemendikbud, yang pagu anggarannya tercatat sebesar Rp35,7 triliun. Naik tidak terlalu tinggi dari tahun sebelumnya Rp35,1 triliun.

 

176