Home Internasional Saling Tangkap, Hubungan Bilateral Cina-Kanada Memanas

Saling Tangkap, Hubungan Bilateral Cina-Kanada Memanas

Ottawa, Gatra.com - Kedutaan besar China di Kanada mengatakan hubungan bilateral mereka sedang mengalami kesulitan berat dan Cina menuntut dibebaskannya Kepala Huawei Ottawa, Meng Wanzhou.

Hubungan keduanya membeku sejak Meng ditahan di Vancouver pada Desember lalu. 

Sejak itu, Cina menuduh dua orang Kanada memata-matai dan menghentikan impor biji kanola dan produk daging dari Kanada.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengatakan pemerintahnya tidak berniat untuk mundur dalam perselisihan dan akan tetap membela kepentingan Kanada. 

Menanggapi Trudeau, kedutaan mengatakan bahwa Cina juga akan selalu membela kepentingannya.

“Tiongkok menganut prinsip kesetaraan di antara semua negara, tidak peduli besar atau kecil. Hubungan Cina-Kanada sekarang mengalami kesulitan besar dan pihak Kanada tahu betul akar masalahnya," kata kedutaan, seperti diwartakan Reuters, Kamis (22/8).

"Kanada harus segera membebaskan Meng Wanzhou dan memastikan dia kembali dengan selamat ke Tiongkok, dan membawa hubungan bilateral kembali ke jalur yang benar," sambungnya.

Trudeau dan Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di Ottawa untuk membicarakan permasalahan tersebut. 

Pompeo meyakinkan Trudeau bahwa para pejabat Amerika berupaya membebaskan kedua pria Kanada yang dituduh sebagai mata-mata itu.

"Harap dicatat bahwa tim kami fokus untuk membantu kedua orang Kanada itu dibebaskan. Salah kalau mereka ditahan," kata Pompeo.
 

 

255

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR