Home Internasional Cina Donasikan Rp210 Miliar untuk Bantu Palestina

Cina Donasikan Rp210 Miliar untuk Bantu Palestina

Ramallah, Gatra.com - Cina berencana memberikan dana bantuan sebesar US$15 juta atau sekitar Rp210 miliar kepada Palestina yang dapat digunakan untuk menggarap belasan proyek di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Duta Besar Cina untuk Palestina, Guo Wei, dan Sekretaris Jenderal Dewan Menteri Palestina, Amjad Ghanem, pada Kamis (29/8), menandatangani kesepakatan antarkedua negara.

Menurut Kantor Berita Palestina, WAFA, Jumat (30/8), dana triliunan itu akan digunakan untuk mendirikan infrastruktur, pengembangan pemuda dan kewirausahaan, pengembangan perempuan, dan energi. Namun yang paling baik dari donasi itu, adalah sumbangan US$500 ribu atau Rp7 miliar untuk membeli tas sekolah bagi anak-anak Palestina.

"Kami menamakannya Proyek Tas Sekolah," kata Ghanem. Menurutnya, sekitar 15.000 hingga 20.000 tas sekolah baru yang dibeli dengan sumbangan Cina akan ditawarkan pekan depan kepada anak-anak sekolah di Palestina dan di daerah-daerah terpencil yang miskin di Tepi Barat dan Jalur Gaza mulai tahun ajaran baru.

Ghanem menyatakan, pemerintah Palestina sangat mengapresiasi bantuan dan dukungan Cina. Hibah ini datang sebagai tahap pertama dari sejumlah proyek yang didanai oleh Cina.

Sementara itu, Duta Besar Cina untuk Palestia, Guo Wei, mengatakan, sumbangan Cina itu dimaksudkan untuk mendukung "Proyek Tas Sekolah" bagi para siswa Palestina dan akan membantu meringankan penderitaan rakyat Palestina.

Utusan Tiongkok itu menambahkan, rakyat dan pemerintah Cina akan mendukung rakyat Palestina sampai mereka mencapai solusi yang adil dan komprehensif untuk perjuangan Palestina.

23096