Home Internasional Badai Dorian Menghantam, Wisatawan Diminta Tinggalkan Bahama

Badai Dorian Menghantam, Wisatawan Diminta Tinggalkan Bahama

Nassau, Gatra.com – Badai Dorian membuat daratan di barat laut Bahama sebagai monster kategori 5 (daya hancur terparah) dengan kecepatan 285km/jam.

Laporan Pusat Badai Nasional (NHC) AS, badai yang sangat berbahaya ini adalah badai terkuat yang pernah tercatat di kawasan tersebut. Warga Grand Bahama dievakuasi dari jalur yang diprediksi akan dilewati oleh badai tersebut.

Bencana badai dengan tinggi mencapai 23 kaki (7 meter) ini diprediksi dapat mengancam banyak jiwa. Bahkan, wilayah Kepulauan Abaco dilaporkan tenggelam di bawah air setelah badai bergerak memasuki Elbow Cay.

Penduduk Bahama yang merekam dan memposting bencana tersebut, menunjukkan banjir yang melanda beberapa rumah, atap rumah mereka porak-poranda. Dalam postingan video tersebut juga menunjukkan beberapa perahu terbalik mengambang di air yang penuh dengan puing-puing.

Dorian, bergerak ke arah barat dengan kecepatan 7mph, diperkirakan akan terus bergerak dari Pulau Grand Bahama pada hari Minggu hingga Senin ini.

Akibat bencana tersebut, pihak berwenang menutup beberapa bandara yang berada di pulau-pulau terpencil. 

Direktur NHC, Ken Graham melaporkan bahwa Bahama akan berada dalam kondisi badai besar selama 10 jam atau lebih.

Badai tersebut diperkirakan akan bergerak lebih dekat ke pantai timur Florida pada Selasa malam waktu setempat. Badai, yang bervariasi dalam kekuatan dari skala Saffir-Simpson, cenderung semakin kuat ketika bergerak menuju Florida.

Dorian saat ini berubah semakin besar, dengan kekuatan angin memanjang hingga 45 mil (75 km) dari pusat badai.

Perdana Menteri Hubert Minnis sebelumnya mengumumkan perintah evakuasi untuk sebagian Grand Bahama dan Kepulauan Abaco. Semua wisatawan diminta untuk meninggalkan pulau tersebut.

"Ini mungkin hari yang paling menyedihkan dalam hidupku. Kami menghadapi badai yang belum pernah kami lihat dalam sejarah Bahama," katanya.

Berdasarkan data dari NHC AS, berikut adalah kekuatan badai yang memiliki daya hancur terburuk, di beberapa tahun terakhir.

Badai Michael, menelan korban di daratan Florida tahun lalu, 59 kematian dan kerugian sekitar US$25 miliar (£20 miliar). Merupakan badai terkuat di AS dalam 26 tahun terakhir dan masuk kategori 4.

Badai Maria, pada 2017, menghancurkan pulau Dominika, menelan korban sebanyak 31 meninggal, dan badai kategori 4 di Puerto Riko. Ada penelitian mengatakan hampir 3.000 orang meninggal.

Badai Irma, yang juga terjadi pada 2017, merupakan badai kategori 5, melintasi Kepulauan Karibia utara, sebelum memasuki Florida Keys. Menjadi salah satu badai terkuat dan paling mematikan yang tercatat dan menyebabkan total 47 meninggal.

Badai Matthew, pada 2016, di Haiti, Kuba dan Pulau Grand Bahama sebagai badai besar. Merupakan badai paling mematikan dalam lebih dari satu dekade, dengan korban 585 lebih dari 500 korban di antaranya berada di Haiti.

318

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR