Home Olahraga Petenis Unggulan Roger Federer Gagal Masuk Semifinal US Open 2019

Petenis Unggulan Roger Federer Gagal Masuk Semifinal US Open 2019

New York, Gatra.com - Mantan petenis nomor satu dunia, Roger Federer harus rela pulang lebih dini pada turnamen US Open 2019. Dia menelan kekalahan dari petenis asal Bulgaria, Grigor Dimitrov dalam pertandingan yang berlangsung dengan ketat. Federer harus menyerah setelah menjalani babak yang ketat dengan skor akhir 3-6 6-4 3-6 6-4 6-2. Kemenangan ini menjadi kemenangan pertama Dimitrov dari tujuh pertemuan terakhir melawan Federer.

Kemenangan tersebut jadi sebuah kejutan besar di turnamen US Open 2019. Sebelumnya, Federer digadang-gadang akan menjadi juara pada turnamen tahun ini. Kemenangan itu menjadikan peluang terciptanya juara baru di Grand Slam US Open semakin terbuka. Kemenang tersebut membuat Dimitrov yang merupakan  petenis peringkat 78 melaju ke semifinal pertamanya pada turnamen ini.

Federer yang merupakan unggulan ketiga, kini telah tersingkir dari US Open oleh para pemain yang berperingkat di luar 50 teratas dunia untuk kedua kalinya dalam dua tahun berturut-turut. Setelah itu, juara Grand Slam 20 kali tersebut mengatakan dia mengalami gangguan dengan masalah punggung sepanjang pertandingan.

"Saya merasa sedih. Saya kecewa karena ini harus berakhir. Karena saya merasa saya masih bisa bermain bagus. Ini adalah kesempatan yang terlewatkan. Kupikir jika saya bisa melewati babak ini, saya akan memiliki dua hari libur setelahnya," ungkap Federer seperti dilansir BBC Sports, Rabu (4/9).

Dengan keluarnya Federer di turnamen ini, berarti hanya menyisakan unggulan teratas Rafael Nadal sebagai favorit kuat untuk mengangkat piala juara. Hal tersebut didorong dengan juga keluarnya juara bertahan Novak Djokovic setelah harus mundur karena cedera di babak 16 besar melawan Stan Wawrinka pada hari Minggu kemarin. Unggulan kedua asal Spanyol, Nadal yang juga merupakan juara US Open tiga kali, akan berhadapan dengan unggulan ke-20 asal Argentina, Diego Schwartzman di perempat final.

190