Home Olahraga 23 Provinsi Rebut Tiket PON XX Papua 2020

23 Provinsi Rebut Tiket PON XX Papua 2020

 

Palembang, Gatra.com - Sebanyak 44 tim bola voli pantai putra dan 35 tim bola voli pantai putri dari berasal dari 23 provinsi mengikuti pra-kualifikasi PON XX Papua 2020 di venue voli pantai Jakabarig Sport City (JSC) Palembang, Rabu (4/9).

Babak pra-kualifikasi PON Papua 2020 tersebut hanya meloloskan 16 tiket. Provinsi yang lolos akan bergabung dengan tim bola voli pantai putra dan tim bola voli pantai putri dari Papua yang otomatis sebagai tuan rumah.

Ketua Bidang bola voli pantai Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI), Slamet Mulyanto mengatakan, selain tuan rumah akan ada 16 tiket yang bakal diperebutkan di PON XX Papua 2020. "Untuk putra-putri, 16 tiket itu termasuk tuan rumah dua tiket satu putra dan satu putri, sisanya dari 14 provinsi yang ikut kualifikasi di sini (Jakabaring, red)," ujarnya usai membuka pra-kualifikasi PON XX Papua 2020.

Meskipun kualifikasi Pra PON XX Papua 2020 dilaksanakan di JSC Palembang. Slamet mengatakan, atlet Sumsel masih belum banyak menoreh pengalaman juara dalam cabor Voli Pantai.  "Kalau potensi ada, seluruhnya ada dari provinsi manapun. Tetapi kalau saya menilai secara prestasi, atlet Sumsel belum banyak pengalaman. Kalau untuk kondisi pembinaan sekarang sudah mengalami peningkatan," katanya.

Dari 150 atlet yang berasal dari 23 Provinsi. Potensi besar peraih juara masih dipegang oleh tiga provinsi kuat termasuk dari Pulau Jawa. "Saingan kuat yang sering juara itu yakni Yogyakarta, Jawa Timur dan NTB. Ini apresiasi kita Kejurnas ini mulai dari Aceh sampai Papua, ikut semua dan saya sangat bahagia melihat antusiasnya," terangnya.

Untuk persiapan PON XX Papua 2020 sudah hampir rampung. Meskipun kondisi di Papua sekarang sedang panas dan dalam situasi yang kurang baik. "Seluruh infrastruktur sudah beres lewat dari 50 persen. Voli pantai sendiri sudah di tahap 90%, tinggal finishing jalan. Doakan saja semua berjalan lancar, khusus voli pantai venuenya bukan memperbaiki tetapi benar-benar dibangun baru," pungkasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olaharaga (Kadispora) Sumsel, Yusuf Wibowo menuturkan, terdapat 150 atlet putra dan putri dari 23 provinsi akan bertanding selama 4-7 September 2019 di Palembang. PBVSI akan terus menerus menempatkan aktivitas Volli hits di Indonesia, sehingga Jakabaring menjadi centernya perhelatan seluruh kegiatan olahraga. "Untuk tuan rumah, kita berusaha keras capai secara maksimal. Ini akan memberikan yang terbaik. Semoga atlet lolos pra-kualifikasi di tingkat pra PON, karena yang terpilih hanya 14 provinsi dari 23 provinsi," pungkasnya.

 

 

Reporter : Else

 

888