Home Politik Amnesty International: Krisis Iklim Langgar HAM

Amnesty International: Krisis Iklim Langgar HAM

Jakarta, Gatra.com - Manager Pelibatan Masyarakat Amnesty International Indonesia, Waskito Jati menyatakan kampanye Aksi Krisis Iklim yang akan dilakukan Jumat (20/09) esok hari akan menyuarakan tuntutan kepada pemerintah atas krisis iklim yang telah melanggar Hak Asasi Manusia.

"Krisis iklim sangat berdampak pada warga miskin dimana mereka juga punya hak yang sama yaitu udara bersih untuk bernafas dimana keadaan kini dipenuhi oleh polusi udara sehingga kami menuntut pemerintah untuk berupaya memperbaiki iklim demi generasi mendatang," katanya saat ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (19/9).

Terkait dengan proyeksi jumlah peserta aksi yang akan terlibat, Waskito mengatakan sebanyak 600 orang turut hadir. Lanjutnya, peserta aksi akan terdiri dari mahasiswa, anak sekolah dan juga katanya santri.

"Untuk besok, posisi Amnesty untuk kampanye krisis iklim esok hari hanya sebagai supporter saja. Sebab,  project utama adalah inisiasi dari Greenpeace Indonesia, jadi peserta akan lebih banyak dari mereka. Aksi besok direncanakan di Taman Aspirasi, Monas dimana kami juga akan menyuarakan keadilan bagi aktivis lingkungan, salah satunya Budi Pego," katanya.

Ia menambahkan, rencananya aksi akan dilakukan dari pukul 13:00 WIB hingga 16:00 WIB dengan titik kumpul di Masjid Cut Meutia dan berjalan menuju Taman Aspirasi (depan istana negara). Untuk besok, lanjutnya, aksi fokus pada tema perubahan iklim dan lingkungan saja.

 

158