Home Olahraga Pebalap Malaysia Gondol 2 Gelar Juara di Tour de Siak 2019

Pebalap Malaysia Gondol 2 Gelar Juara di Tour de Siak 2019

Siak, Gatra.com - Nur Amirul Fakhruddin Marzuki menggondol dua gelar juara; juara umum individual dan sprint dalam iven Tour de Siak 2019 di Kabupaten Siak, Riau.

Penobatan kepada Pebalap tim Trengganu Cycling Team Malaysia digelar di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, Riau, Minggu (22/9) malam.

Atas gelar juara umum individual tadi, Nur Amirul kebagian Yellow Jersey dan duit Rp50 juta. Lalu untuk sprint, dia juga menyabet Green Jersey dan duit dengan jumlah yang sama. Bupati Siak, Alfedri, yang langsung menyerahkan hadiah itu.

Ada yang unik atas kemunculan Nur Amirul menjadi jawara di dua kategori tadi. Soalnya tiga etape yang diperlombakan, pebalap dengan nomor start 42 itu hanya sekali naik podium. Itupun hanya di Etape I dengan rute Siak-Mempura-Dayun-Siak sejauh 59,1 kilometer.

Namun lantaran poin yang dikoleksi oleh Nur Amirul yang tertinggi, maka dia berhak atas semua itu.

Pebalap dari Tim Foolad Mobarakeh Sepahan, Iran, Mohammad Ganjkhanlou dan Stephan Bakker dari Global Cycling Holland Belanda, harus puas di posisi dua dan tiga, pada individual tadi.

Lantas untuk Sprint, Stephan Bakker dari Global Cycling Holland Belanda di posisi kedua dan pebalap Foolad Mobarakeh Sepahan asal Iran, Mohammad Ganjkhanlou pada posisi ketiga.

Selanjutnya, untuk tim terbaik dari 11 yang berlaga adalah Kinan Cycling Team dari Jepang. Catatan waktu lima pebalapnya pada tiga etape yang digelar adalah 16:29:49, mengungguli Foolad Mobarakeh Sepahan asal Iran dan Trengganu Cycling Team Malaysia.

Lantas untuk tiga tim dalam negeri yang ikut --- KFC Cycling Team, Tim Nasional Indonesia dan BSP Siak --- semuanya hanya menempati posisi tujuh hingga sepuluh.

Tahun ini Tour de Siak hanya digelar tiga etape dari yang sebelumnya direncanakan empat etape. Satu etape tak dilanjutkan lantaran saat itu asap pekat menyelimuti wilayah Siak.

"Secara keseluruhan sangat baik, mulai dari panitia dan antusiasnya masyarakat. Kalau soal kabut asap, itu bencana alam yang tak bisa dihindari. Kebakarannya kan bukan di Siak, tapi di daerah lain," kata Race Direktur Tour de Siak 2019, Sondi Sampurno kepada Gatra.com.

Bupati Siak Alfedri mengucapkan terimakasih kepada semua panitia, peserta, official tim, dan Polri yang sudah ikut menyukseskan iven ketujuh itu.

"Mari kita jadikan iven ini sebagai promosi wisata Siak, yang tentunya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Tour de Siak adalah investasi besar bagi daerah dan masyarakat Siak," kata Alfedri.


Reporter: Sahril Ramadana

 

120