Home Kesehatan Kebakaran Gunung Slamet Akhirnya Berhasil Dipadamkan

Kebakaran Gunung Slamet Akhirnya Berhasil Dipadamkan

BanyumasGatra.com – Kebakaran yang melanda Gunung Slamet 10 hari terakhir dari Kabupaten Brebes dan merembet ke Banyumas, Jawa Tengah akhirnya berhasil dipadamkan.

Manajer Bisnis Kesatuan Pemangu Hutan (KPH) Banyumas Timur, Sugito mengatakan sebagian besar tim pemadam kebakaran sudah turun ke Posko Induk di Baturraden mulai Rabu siang. “Laporan terakhir sudah masuk sudah padam semua. Ini tinggal menunggu asap. Dari 43 orang, kebanyakan sudah turun, tinggal beberapa orang di atas,” katanya, di Banyumas Rabu (25/9). 

Dia mengatakan, pemadaman dilakukan dengan penyekatan yang dibuat sepanjang 1,5 kilometer di kawasan jalur barat Gunung Slamet. Titik api terakhir terdeteksi di Petak 58D-12, tepatnya antara Camp Tentara dengan Pos 4, atau Pos Pantau Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di ketinggian 2.650 Mdpl.

Menurut dia, peran masyarakat lokal sangat penting. Masyarakat Kalipagu, Kecamatan Baturraden, sejak Selasa kemarin dan hari ini terjun ke lokasi dan membuat sekat bakar yang sangat efektif untuk memadamkan api.

“Karena dua hari terakir, dari hari kemarin, masyarakat Kalipagu, mereka yang sangat paham medan, menguasai teknik pembuatan sekat, itu sudah bekerja sangat maksimal. Jadi ada tim yang membuat sekat, ada yang langsung memadamkan,” jelasnya.

Sugito mengaku belum memperoleh data lapangan total area yang terbakar. Perhutani, masih menghitung potensi kerugian dalam karhutla ini.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Ariono Purwanto mengatakan, hingga pukul 18.50 WIB, sebanyak 41 relawan sudah turun ke Posko Induk. Mereka melaporkan bahwa api telah berhasil dipadamkan.

Dari seluruh relawan, lima orang ditugaskan untuk memantau titik kebakaran hingga Kamis siang. Jika Kamis siang titik api sudah benar-benar padam, tim pemantau akan turun.

“Kemudian pemantauan hutan akan kami kembalikan ke Perhutani,” ucap Ariono.

78