Home Milenial Ini 5 Agenda Utama Dalam Pekan Kebudayaan Nasional 2019

Ini 5 Agenda Utama Dalam Pekan Kebudayaan Nasional 2019

Jakarta, Gatra.com - Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 7 Oktober 2019 hingga 13 Oktober 2019 dijadwalkan akan bertempat di Istora Senayan, Jakarta. 

Direktur Jenderal  Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid mengatakan, dalam PKN 2019 tahun ini, ada lima agenda besar yang akan digelar, di antaranya ada kompetisi, konferensi, ekshibisi kebudayaan, dan pagelaran karya budaya bangsa.
 
"Kompetisi nasional dan daerah menyangkut kebudayaan dan tradisional. Ada kompetisi permainan tradisional dan kompetisi seni khas budaya di setiap provinsi," kata Hilmar. 
 
Selain itu, pada agenda Konferensi Pemajuan Kebudayaan direncanakan menjadi ruang pencerahan publik yang bertujuan menyiapkan pembangunan berbasis kebudayaan. Sedangkan bagian ekshibisi kebudayaan, terdapat pameran artefak kebudayaan, purwarupa teknologi, pemajuan kebudayaan hasil inovasi dari Kemah Budaya Kaum Muda, serta beberapa karya unggulan dari kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. 
 
Kegiaan Pekan Kebudayaan Nasional juga akan melakukan pagelaran seni dan pawai yang mengusung tema Parade Digdaya Nusantara. Nantinya akan digelar parade di sekitaran Istora Senayan yang di dalamnya akan terdapat taran tradisional dan perkusi Nusantara.
 
Sebelumnya, Hilmar sendiri mengatakan, Pekan Kebudayaan Nasional merupakan wujud implementasi dari salah satu agenda strategi pemajuan kebudayaan yang telah disepakati dalam Kongres Kebudayaan Indonesia 2018.
 
"Ini merupakan perwujudan Kongres Kebudayaan 201 yaitu menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya, serta mendorong interaksi budaya guna memperkuat kebudayaan yang inklusif," paparnya.
96